Panduan Merawat Kulit Wajah agar Selalu Sehat, Cantik, dan Menawan

Panduan Merawat Kulit Wajah agar Selalu Sehat, Cantik, dan Menawan

Naviri Magazine - Pelembap dan pembersih wajah adalah dua perawatan dasar yang tak bisa dilepas. Usai membersihkan wajah, kulit harus diberi pelembap agar tetap terhidrasi. Pada kasus serius, kurangnya hidrasi kulit dapat membuat kulit retak dan bercelah, sehingga menimbulkan infeksi dan peradangan.

Laman kesehatan Harvard mengatakan bahwa masalah kulit kering yang paling lazim dan membikin tidak nyaman adalah rasa sakit, kasar, merah, dan gatal. Penggunaan pelembap penting untuk meminimalkan risiko kulit menjadi kering. Setelahnya, baru menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, agar kulit terlindung dari UVA dan UVB.

Penggunaan tabir surya juga harus diulangi setiap 2-4 jam sekali agar perlindungannya maksimal. Perawatan semacam ini perlu dilakukan remaja karena paparan sinar UV merupakan penyebab utama keriput, warna kulit tidak merata, kulit mengendur, penuaan dini, dan kanker kulit. Semakin jarang tabir surya digunakan, semakin cepat Anda mendapat kerutan pada wajah.

Perawatan kulit sejak dini

Untuk menentukan perawatan dasar yang cocok, perlu untuk mengetahui tipe kulit yang kita miliki. Menurut WebMD, kulit remaja—serta kulit pada umumnya—terbagi menjadi empat tipe.

Pertama tipe normal, ditandai dengan warna kulit yang rata, halus, tekstur kulitnya lembut, tidak memiliki noda, bintik merah, atau bercak. Tipe kulit ini merupakan yang paling ideal karena memiliki pori kecil, terhidrasi, tidak berminyak, dan tidak kering.

Tipe kedua adalah kulit kering yang seringkali kusam, kasar, bersisik, dan gatal. Pemilik tipe kulit kering sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang ringan, tanpa pewangi, dan tanpa alkohol. Jangan mandi dengan air hangat lebih dari 10-20 menit, dan jangan lupa pula menggunakan pelembap atau minyak untuk mengunci kelembapan kulit.

“Perlu juga olahraga, minum, dan tidur cukup agar tubuh melepaskan antioksidan,” ujar Kardiana. Antioksidan dalam tubuh berfungsi menangkal radikal bebas, termasuk sinar UV, untuk mencegah penuaan, kerut, bintik hitam, dan jerawat.

Sementara itu, untuk Anda pemilik kulit berminyak yang punya pori-pori terbuka, gampang berjerawat, komedo, dan terlihat mengkilap, disarankan mencuci muka dua hingga tiga kali sehari. Jika perlu, bawalah pembersih ke sekolah. Laman WebMD menyarankan pembersih yang ringkas dan mengandung benzoil peroksida, sulfur atau asam salisilat, untuk membantu melarutkan minyak.

“Jangan pernah memencet jerawat karena akan menyebarkan peradangan, memperburuk kondisi jerawat, dan menyebabkan jaringan parut,” saran laman tersebut.

Terakhir, perawatan untuk kulit kombinasi bisa dilakukan dengan menggunakan losion biasa di area kering dan losion ringan di area berminyak. Pemilik kulit kombinasi biasanya punya area berminyak ‘T-Zone’ yang berada di dahi, hidung, dan dagu, sementara area lainnya cenderung kering.

Untuk menjaga agar kulit sehat sejak dini, WebMD menyarankan empat langkah dasar perawatan kulit bagi remaja.

Pertama membersihkan kulit, tahapan ini akan membuang kelebihan minyak dan kotoran pada kulit sehingga mencegah timbulnya jerawat. Setelahnya, menggunakan pelembap, minimal pagi dan sore hari. Ketiga, rawat bagian kulit yang butuh perlakuan khusus, misalnya mengoleskan krim khusus di area jerawat.

Tutup rangkaian perawatan dasar itu dengan menggunakan tabir surya, terutama pada puncak waktu panas, sekitar pukul 10 hingga 14.

Jika beraktivitas di dalam ruangan, cukup gunakan tabir surya SPF 30, sementara mereka yang lebih banyak berada di luar disarankan menggunakan SPF 50. Kandungan SPF pada tabir surya dapat ditentukan dari tingkat kepadatan losion. Semakin lengket tabir surya, semakin tinggi SPF yang terkandung di dalamnya.

Related

Tips 1777760206347547950

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item