Ini 5 Peninggalan Penting dari Kerajaan Kuno di Amerika Latin

Ini 5 Peninggalan Penting dari Kerajaan Kuno di Amerika Latin,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Di masa lalu, peradaban manusia telah dibangun dan tumbuh di mana-mana, salah satunya di wilayah yang sekarang disebut Amerika Latin. Di kawasan itu, tumbuh berbagai suku dengan peradaban masing-masing, dan mereka membangun piramida, kuil, serta berbagai bangunan lain, untuk beragam tujuan.

Belakangan, suku-suku kuno itu punah, tapi peninggalan mereka masih ada, dan bisa disaksikan orang-orang zaman sekarang. Berikut ini lima yang dianggap peninggalan penting mereka.

Piramida Agung Cholula

Yang juga dikenal dengan nama Tlachihualtepetl (dalam bahasa Nahuatl berarti "gunung buatan"), piramida (kuil) terbesar di Dunia Baru (Amerika). Piramida ini berdiri setinggi 55 m dan berukuran 400 x 400.

Piramida Agung Cholula dibangun untuk menyembah dewa Quetzalcoatl. Gaya bangunnya mirip dengan Teotihuacan di Lembah Meksiko.

Teotihuacan

Teotihuacan adalah situs arkeologi besar yang terletak di lembah Mexico, dan melingkupi beberapa struktur piramida yang didirikan pada zaman pra-Colombus. Selain terdapat banyak bangunan piramida, situs Teotihuacan juga dahulu merupakan kompleks permukiman besar.

Di situs ini juga ditemukan makam dengan lukisan-lukisan yang indah. Pembangunan kota Teotihuacan bermula sekitar 300 SM, dan mencapai masa keemasannya sekitar tahun 300-600 M. Pada mulanya, Teotihuacan mencakup 13 km², dan diperkirakan mempunyai penduduk melebihi 150.000 jiwa, kemungkinan hingga mencapai 200.000 jiwa.

Chichen Itza

Chichen Itza adalah suatu situs peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Chichen Itza merupakan peninggalan arkeologi suku Maya yang paling lengkap, serta masih terawat dengan baik.

Situs peradaban Maya di Meksiko, pada 7 Juli 2007, terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia hasil pilihan 100 juta orang via email dan SMS yang diadakan oleh Swiss Foundation.

Palenque

Palenque (Bàak', dalam Maya modern) adalah situs arkeologi Maya di dekat Sungai Usumacintam di negara bagian Chiapas, Meksiko, terletak 130 km sebelah selatan Ciudad del Carmen.

Uxmal

Merupakan salah satu situs peninggalan peradaban Maya yang paling penting, selain Chichen Itza. Situs ini terletak di wilayah Puuc, Meksiko.
   
Tanggal pendirian situs ini masih belum pasti, dan perkiraan jumlah penduduknya 15.000 jiwa, merupakan perkiraan yang sangat kasar.

Kemungkinan pembangunan gedung-gedung besar dilakukan saat Uxmal menjadi ibu kota negeri Maya klasik akhir, pada tahun 850-925. Menurut kronologi Maya, Uxmal didirikan pada tahun 500 oleh Hun Uitzil Chac Tutul Xiu.

Related

Science 27123009317533150

Recent

item