Prosedur Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah di 2020

Prosedur Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah di 2020, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan prosedur pendaftaran Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah untuk tahun 2020. Ada dua jenis KIP untuk perguruan tinggi, yaitu kartu biasa dan KIP Kuliah Afirmasi.

Khusus KIP Kuliah Afirmasi mencakup bantuan untuk penyandang disabilitas, serta untuk Orang Asli Papua di wilayah Papua dan Papua Barat.

"Wilayah 3T (terdepan, terluar, atau tertinggal), dan wilayah yang terkena dampak bencana alam atau konflik sosial," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ainun Na’im, melalui siaran pers.

Ainun mengatakan, calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan lulus SMA, SMK, MA, atau sederajat tahun 2018-2020, bisa mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah mulai awal Maret 2020. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah sama dengan persyaratan mendapatkan Bidikmisi, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail.

"Setelah diverifikasi oleh sistem, calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," katanya.

Selain itu, untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun belum memiliki KIP, atau orang tua/wali mahasiswa belum terdaftar sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), masih mungkin menerima KIP Kuliah. "Selama lolos seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi oleh perguruan tinggi terkait," katanya.

Ainun menjelaskan, bagi calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan KIP Kuliah dan ingin mendaftar seleksi masuk PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), dapat mendaftar hingga 27 Februari 2020.

Ainun mengatakan, KIP Kuliah ini pun bisa menyokong para calon mahasiswa yang ingin mendaftar seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN. Mereka bisa mendaftar terlebih dahulu, guna mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses. Pendaftaran itu dapat dilakukan pada awal bulan Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

“Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan KIP Kuliah, diharapkan untuk tenang, dan memantau perkembangan di kanal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Informasi lebih lengkap terkait KIP Kuliah akan diumumkan pada awal Maret,” kata Ainun.

Related

News 9193958516914853275

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item