Rumah yang Rapi Tidak Hanya Indah, tapi Juga Membuat Kita Bahagia

Rumah yang Rapi Tidak Hanya Indah, tapi Juga Membuat Kita Bahagia

Naviri Magazine - Banyak dari kita memulai tahun ini dengan resolusi untuk menjadi lebih terorganisir: tidak ada lagi laci penuh dengan kontainer plastik tanpa tutup atau kaus kaki tanpa pasangan.

Tren beres-beres ini didorong oleh seorang ‘spesialis beres-beres’ dari Jepang, Marie Kondo. Dia adalah penulis buku best seller versi New York Times dan pembawa acara Netflix berjudul “Tidying Up”.

Badan amal seperti St Vincent de Paul melaporkan adanya peningkatan donasi sebesar 38% dibanding tahun lalu akibat tren Marie Kondo ini yang menyarankan kita untuk menyingkirkan pakaian, buku-buku, serta barang rumah tangga yang tidak memberi kegembiraan atau barang-barang yang tidak memiliki tempat di kehidupan kita di masa depan.

Dan ada alasan yang bagus mengapa Anda harus bergabung dengan tren ini, baik melalui metode KonMari, atau hanya melalui aktivitas beres-beres yang sistematis.

Rumah yang rapi, hidup bahagia?

Orang-orang dalam acara Netflix, Marie Kondo Tidying Up, menunjukkan laporan bahwa metode KonMari mengubah hidup mereka menjadi lebih baik, sesuai dengan judul buku pertamanya, The Life Changing Magic of Tidying Up.

Penelitian memang menunjukkan, lingkungan rumah yang berantakan secara negatif mempengaruhi persepsi rumah kita, dan pada akhirnya kepuasan hidup kita. Penelitian tersebut menjelaskan hal ini karena kita mendefinisikan “rumah” bukan hanya sebagai tempat tinggal, tetapi sebagai:

Konstelasi yang lebih luas dari pengalaman, makna, dan situasi yang membentuk dan secara aktif dibentuk oleh seseorang dalam penciptaan dunia kehidupannya.

Tapi sepertinya memiliki barang-barang yang berantakan tidak selalu buruk. Satu penelitian menunjukkan meja yang berantakan bisa membuat kita lebih kreatif.

Temuan ini menunjukkan lingkungan yang rapi dan tertata membuat kita lebih mungkin untuk menyesuaikan diri dengan harapan dan bermain aman, sementara yang berantakan menggerakkan kita untuk melepaskan diri dari norma dan melihat berbagai hal dengan cara yang baru.

Related

Psychology 5040471001130905080

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item