Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Freemason yang Misterius

Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Freemason yang Misterius, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - A.F.& A.M. adalah Antient Free and Accepted Masons (Mason Antient yang Bebas dan Diterima). Bagaimana terbentuk dan kapan mulai dibentuknya organisasi sekuler ini, pihak Freemasonry sendiri belum bisa menentukan. Banyak dugaan, gerakan kebebasan berpikir dan anti dogma (terutama terhadap agama) sudah ada sejak sebelum abad pertengahan.

Bukti itu didapat dari ditemukannya manuskrip organisasi, landasan hukum, serta hak dan kewajiban anggota. Data-data inilah yang di kemudian hari menjadi dasar pembentukan organisasi yang digunakan oleh Freemason, dan masih digunakan hingga saat ini.

Selain itu, terdapat pula sebuah puisi Inggris yang dikenal sebagai "Manuskrip Regius", bertahun 1390, dan merupakan naskah Mason tertua. Dengan begitu, secara resmi sejarah Freemasonry berasal dari Inggris, sekalipun banyak publikasi yang ditulis oleh bukan kelompok Freemasonry yang membuat spekulasi bahwa Freemasonry berasal dari banyak tempat lain.

Ada bukti yang menunjukkan keberadaan loji-loji Mason yang berdiri di Skotlandia sejak awal abad ke-16 (contohnya Loji Kilwinning, Skotlandia), memiliki catatan sejak akhir abad ke-16, dan disebut dalam Statuta Schaw Kedua (1599).

Ada pula sejumlah rujukan jelas mengenai keberadaan loji-loji di Inggris pada pertengahan abad ke-17. Manuskrip itu berisi konstitusi dan aturan-aturan Loji Besar pertama, yaitu Loji Besar Inggris (bahasa Inggris: Grand Lodge of England atau GLE), didirikan pada 24 Juni 1717, ketika empat loji yang lebih dulu berdiri di London berkumpul pada acara makan malam bersama.

Loji ini dengan cepat berkembang menjadi badan regulator, dan banyak loji Inggris bergabung ke dalamnya. Akan tetapi, beberapa loji tidak menyukai beberapa modernisasi yang lakukan oleh GLE, misalnya pembuatan Derajat Ketiga. Akhirnya, loji-loji itu membentuk sebuah Loji Besar tandingan pada 17 Juli 1751, yang mereka sebut "Loji Besar Antient Inggris."

Dua Loji Besar ini saling bersaing demi supremasi – dikenal sebagai "Modern" (GLE) melawan Antient" (atau "Kuno") – hingga akhirnya mereka bersatu pada 25 November 1813 dan membentuk Loji Besar Bersatu Inggris (United Grand Lodge of England atau UGLE).

Loji Besar Irlandia dan Loji Besar Skotlandia didirikan pada tahun 1725 dan 1736. Freemasonry kemudian menyebar ke daerah koloni Britania di Amerika Utara pada tahun 1730-an, dengan "Antient" dan "Modern" (selain juga Loji Besar Irlandia dan Skotlandia) mendirikan sejumlah Loji bawahan atau Loji "saudara", serta mendirikan Loji-Loji Besar Daerah.

Loji pertama Amerika berdiri di Philladelphia, di bawah binaan Masonic Grand Lodge England, dengan Benjamin Franklin sebagai master pertama. Seusai Revolusi Amerika, banyak Loji Besar AS yang berdiri di tiap negara bagian.

Beberapa gagasan dikemukakan untuk mendirikan "Loji Besar Amerika Serikat", dengan George Washington (yang merupakan anggota Loji Virginia) sebagai Master Besar pertama, namun ide ini hanya muncul sebentar.

Berbagai Loji Besar di negara-negara bagian tidak bersedia mengurangi otoritas mereka, dengan menyepakati lembaga semacam itu. Meskipun tidak ada perbedaan besar dalam Freemansory yang dilaksanakan oleh loji-loji yang dibawahi oleh Antient maupun Modern, sisa-sisa pembagian ini masih dapat dilihat dalam nama sebagian besar loji.

Yurisdiksi tertua di benua Eropa, yaitu Grand Orient de France (GOdF), didirikan pada tahun 1733. Akan tetapi, sebagian besar yurisdiksi berbahasa Inggris menghentikan hubungan resmi dengan GOdF sekitar tahun 1877, ketika (menyusul Kongres Lausanne 1875) GOdF menghapuskan syarat anggotanya harus mempercayai tuhan atau dewa.

Saat ini, Grande Loge Nationale Française (GLNF) adalah satu-satunya Loji Besar Prancis yang memiliki hubungan baik reguler dengan UGLE, dan banyak yurisdiksi sesuainya di seluruh dunia.

Karena sejarah itu, Freemansory sering disebut memiliki dua cabang yang saling tidak memiliki hubungan baik reguler: UGLE dan tradisi yurisdiksi yang sesuai (sebagian besar disebut Loji Besar) dalam hubungan baik; dan GOdF, tradisi yurisdiksi Eropa Daratan (seringkali disebut Orient Besar) dalam hubungan baik.

Di kebanyakan negara Latin, Freemansory Kontinental bergaya GOdF lebih menonjol meskipun di sebagian besar negara Latin ada juga Loji Besar yang memiki hubungan reguler dengan UGLE dan komunitas Loji Besar di seluruh dunia yang sama-sama memiliki "hubungan persaudaraan" reguler dengan UGLE.

Sedangkan yang lain, dilihat dari sebagian besar Freemansory, cenderung lebih mengikuti gaya UGLE, meskipun tetap ada sejumlah perbedaan kecil.

Related

Mistery 1565590393200882988

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item