Skandal Bocornya Rekaman Percakapan Jeff Bezos yang Bikin Geger Dunia

Skandal Bocornya Rekaman Percakapan Jeff Bezos yang Bikin Geger Dunia

Naviri Magazine - Jeff Bezos, penguasa kerajaan bisnis Amazon, kena masalah. Percakapan instan antara Bezos dan perempuan bernama Lauren Sanchez bocor pada akhir 2019 lalu, dan diangkat oleh majalah National Enquirer. Pesan itu terkirim ketika Bezos masih berstatus suami MacKenzie Sheri. Keduanya resmi bercerai pada April 2019.

“Aku tergila-gila padamu,” kutip Enquirer atas bocoran pesan singkat dari Bezos kepada Sanchez.

Publikasi yang disebut-sebut sebagai “investigasi terbesar dalam sejarah Enquirer” itu adalah kelanjutan dari apa yang menimpa Bezos pada 8 November 2018.

Kala itu, pada nomor WhatsApp pribadinya, Bezos menerima kiriman foto Sanchez, lengkap dengan keterangan: “Berdebat dengan wanita sama seperti membaca perjanjian lisensi perangkat lunak. Pada akhirnya Anda harus mengabaikan segalanya dan klik ‘Saya setuju’.”

Selepas menyewa penyidik swasta dan juga memperoleh bantuan dari ahli Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), muncul dugaan kuat penyebab bocornya affair Bezos-Sanchez: iPhone milik Bezos diretas.

Peretasan ponsel Bezos, menurut analisis ahli PBB, terjadi selepas sebuah video yang dikirim Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, diterima Bezos di akun WhatsApp-nya.

Sialnya, video itu bukan hanya berisi gambar bergerak beserta cerita yang ada di dalamnya. Video yang sama mengandung spyware yang diduga jelmaan Pegasus, alat retas produk perusahaan keamanan digital asal Israel, NSO Group, yang kemudian menyusup ke ponsel Bezos.

Spyware, merujuk definisinya, merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi secara rahasia.

Spyware adalah keluarga malware alias malicious software, alias perangkat lunak/aplikasi jahat. Istilah ini dicetuskan oleh Yisrael Radai pada 4 Juli 1990 silam, untuk menjabarkan berbagai macam perangkat lunak jahat, khususnya trojan, worm, dan virus.

Related

World's Fact 1870772271379639374

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item