Ternyata, Teknologi GPS Sudah Ada Sejak Tahun 1920-an

Ternyata, Teknologi GPS Sudah Ada Sejak Tahun 1920-an,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, dan IRNSS India.

Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkap NAVSTAR GPS (kesalahan umum menganggap NAVSTAR adalah singkatan, padahal itu nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS).

Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.

GPS Tracker, atau sering disebut dengan GPS Tracking, adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna melacak posisi kendaraan, armada, ataupun mobil, dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital

Penggunaan GPS telah menjadi tren di mana-mana, sehingga sulit membayangkan dunia tanpa satelit navigasi kecil ini di genggaman. Tapi apakah Anda tahu kalau ternyata GPS sudah ada pada pergantian abad kedua puluh, ketika peta jalan masih dalam tahap awal, dan jalan serta jalur baru berkembang pesat?

Produk ini berasal dari tahun 1920-an, berupa sebuah navigator yang diberi nama The Roll-map Routefinder. Alat navigasi ini dibuat dengan petunjuk kecil, dan Anda harus memutar roda, penggulung peta secara manual, untuk melihat jalan yang akan dilalui saat berkendara.

GPS ini adalah peninggalan masa lalu yang merupakan produk Inggris, yang harganya sekitar £ 5 pada waktu itu, atau sekitar 50 pound ($ 75) hari ini. Ada 2 macam GPS yang dibuat waktu itu, yakni Plus Four Wristlet Route Indicator dan Roll Up Map Device, tapi fungsi dan cara penggunaannya sama.

Roll Up Map Device digunakan dalam beberapa situasi. Mereka biasanya digunakan untuk balap motor reli. Pengendara motor masih menggunakan apa yang biasa disebut 'grafik roll' atau 'roadbooks' untuk navigasi, dan sering menggunakannya selain GPS.

Related

Technology 8291087425336606959

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item