Tempat Kerja yang Bersih dan Rapi Bisa Meningkatkan Kreativitas

Tempat Kerja yang Bersih dan Rapi ternyata Bisa Meningkatkan Kreativitas

Naviri Magazine - Dengan metode KonMari, Marie berhasil memengaruhi orang-orang untuk mengubah perilaku. Karena metode tersebut terdiri dari mengumpulkan semua barang, membersihkannya, lalu memisahkan berdasarkan kategori, dan menyimpannya. Kegiatan itu dapat menimbulkan kegembiraan. Marie menyebutnya dengan spark joy.

Menurut perempuan asal Jepang itu, seseorang harus memahami apa yang dibutuhkan untuk membangkitkan kreativitas. Mulai dengan merapikan meja kerja, hanya sekali.

Kategorikan barang di meja menjadi lima, yaitu clothing, books, papers, komono, dan sentimental items. Setelah dipisahkan berdasarkan kategori, pilih barang yang menunjang kegiatan bekerja. Barang tidak dibutuhkan dapat diberikan kepada orang lain.

“Jika kamu tidak merasa nyaman, mungkin kamu menginginkan meja yang agak terstruktur. Tujuannya untuk menemukan apa yang cocok buat kamu dan kreativitasmu,” kata Marie.

Setelah merapikan meja, Marie menyarankan untuk melihat bagaimana feel kamu terhadap meja yang telah dirapikan. Lakukan hal itu pada ruang kerja lain. Karena ketika tempat kerja rapi atau terorganisir dengan baik akan menambah produktivitas kerja, “memompa” kreativitas, dan lebih nyaman dalam kerja.

“Itulah beberapa feedback yang saya dapatkan dari orang-orang yang telah menerapkan metode KonMari di ruang kerja mereka.”

Metode KonMari dikenal pertama kali dalam acara televisi, Jinsei ga Tokimeku Katazuke no Maho, pada 2013. Dua tahun sebelumnya, perempuan berusia 34 tahun telah menulis buku dengan judul yang sama. Buku tersebut menjadi buku best seller dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Pada 2014, buku dipublikasikan di Amerika Serikat.

Melalui metode KonMari, Marie telah berkontribusi untuk gaya hidup yang mengutamakan kerapian dan efisiensi kepada pembaca dan penonton. Sehingga pada 2015, ia menjadi salah satu 100 Most Influential People versi majalah Time.

Prestasi Marie tak berhenti di sini. Netflix pun melirik metode KonMari. Kolaborasi Marie dan Netflix menghasilkan series Tidying Up with Marie Kondo pada Januari 2019. Series tersebut mendapatkan review positif dari kritikus.

Tidak dapat dipungkiri bahwa metode KonMari sangat berguna bagi khalayak. Dan Marie Kondo layak dijuluki sebagai ikon pop culture.

Related

Psychology 3054327342780531122

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item