Mengenal 88rising, Rumah Para Artis Asia Paling Terkenal Saat Ini (Bagian 2)

Mengenal 88rising, Rumah Para Artis Asia Paling Terkenal Saat Ini naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mengenal 88rising, Rumah Para Artis Asia Paling Terkenal Saat Ini - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Adapun bagi Sean, perbandingan itu masih terasa kurang. “Kami Avengers yang dioplos dengan The Office dan sedikit campuran The Care Bears. Tiap orang dari kami punya kekuatan super. Tiap orang membawa sentuhan unik ke dalam lingkungan kerja kami—Brian mirip Dwight atau Andy, Joji punya suara Jim, dan NIKI sebenarnya adalah Pam.

“Gabungkan penggambaran itu dengan tokoh-tokoh dari Care Bears, karena semua orang punya kualitasnya sendiri. Kami menyatukan semuanya dalam satu wadah, dan menyajikannya di atas piring perak... silakan rasakan pelangi buatan kami.”

“Peraturan dasar yang berlaku di 88rising adalah ‘jadilah artis yang baik, tapi lebih penting lagi jadilah orang yang memahami sesamanya,” teran Sean. “Hati kami ada di tempatnya. Kami tak sempurna tapi kami punya soul.”

Lanskap musik yang dimainkan oleh roster-roster 88rising begitu luas. Yang menyatukan mereka adalah “kesepakatan bahwa kami sedang mengerjakan sesuatu yang penting, dan bahwa kami mewakili sesuatu yang keren.”

Hal seperti ini tak selalu dibicarakan dengan gamblang. “Kami seperti mengamini judul album Depeche Mode, Enjoy The Silence. Kami tak pernah membicarakan bagaimana perkembangan 88rising, atau bagaimana kami bisa menginspirasi orang lain, tapi kami saling mengerti.” Dan Sean berkata apa adanya.

Kini, 88rising memainkan peranan penting dalam menginisiasi perubahan positif yang terjadi di seantero industri film dan musik.

Crazy Rich Asians meledak di box office dan tercatat sebagai film komedi romantis dengan penghasilan tertinggi sejak The Proposal (2009), sedangkan To All The Boys I’ve Loved Before yang tokoh utamanya diperankan oleh aktris berdarah campuran Asia-Amerika, menjadi buah bibir para remaja.

“Memang sudah waktunya!” kata NIKI, yang masih berusia 19 tahun, yang materi demo awalnya bikin Sean terperangah. “Kurangnya representasi orang Asia adalah masalah. Aku tumbuh besar sambil bertanya kenapa tak ada Barbie yang mirip orang Asia, atau kenapa tak ada film Disney seperti Mulan lagi.

“Jadi, ada semacam pembiaran terhadap ketidakberagaman ini. Ini yang bikin aku percaya bahwa tak ada ruang bagi orang Asia untuk berkarir di bidang apa pun kecuali bidang akademis.”

Sementara itu, Brian yang tumbuh besar di Jakarta, masih ingat ketika dirinya mengetahui seorang aktor Indonesia yang sudah cukup punya karir di kancah global memutuskan mengadu peruntungan di Hollywood.

“Aku tahunya saat masih berusia 13 tahun. Dan itu sangat memotivasi aku,” katanya. “Sekarang, giliran orang-orang datang menemuiku, dan bilang aku sudah jadi motivasi bagi mereka. Ini hal paling luar biasa yang aku alami.”

Meski pernah hidup dengan stereotip orang Asia yang merugikan, NIKI merasa masanya sudah jauh berubah saat ini. “Setelah 88rising dibicarakan banyak orang, setelah karakter Asia di Riverdale jadi tukang bully, dan setelah tiket pertunjukan grup K-pop di Staples Center ludes, saya rasa kondisinya akan membaik bagi orang Asia di masa depan.”

Sean, sebaliknya, masih waswas. “Aku tak percaya pendapat bahwa segala macam representasi adalah representasi yang bagus. Faktanya adalah orang Asia di dunia hiburan, musik dan film, adalah anak bawang. Kini setelah ada satu saja yang sukses, Hollywood langsung latah mencari talenta Asia berikutnya,” ujarnya.

“Ini yang kemudian melahirkan talenta-talenta Asia yang jelek. Kita harus awas dengan akan hal ini. Aku setuju kesuksesan satu orang Asia akan membuka jalan bagi sesamanya. Cuma jangan mudah terperangkap jebakan industri.” Cara pandang inilah yang mungkin membuat 88rising—perusahaan Asia dengan roster-roster Asia—berada di atas angin.

Related

Entertaintment 5244400924241598801

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item