Antara Wabah Corona, Demam Tifus, dan Wabah Ebola

Antara Wabah Corona, Demam Tifus, dan Wabah Ebola, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Wabah Corona, yang saat ini menjungkirbalikkan dunia dan memporakpandakan peradaban—sekaligus mengobrak-abrik kehidupan manusia—disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar di Wuhan, China. Lalu siapakah orang pertama yang terinfeksi virus tersebut?

Pada 1906, Mary Mallon dari Irlandia masuk Amerika, dan bekerja sebagai juru masak di keluarga-keluarga kaya di New York. Sejak itu, New York dihantam wabah tifoid. Ke mana pun Mary Mallon pergi, wabah tifoid terjadi. Hingga wabah itu disebut “Typhoid Mary”.

Pada 1976, wabah Ebola muncul di Afrika, dan belakangan, menurut WHO, menewaskan lebih dari 11.000 orang serta menginfeksi lebih dari 28.000 orang selama 2 tahun. Wabah terjadi di 10 negara, kebanyakan di Afrika, juga di AS, Spanyol, Inggris, dan Italia.

Dari mana asal usul wabah Ebola? Benarkah ia berasal dari aktivitas seks tidak sehat? Pelacakan para ilmuwan menemukan wabah mematikan itu berasal dari seorang anak lelaki di Guinea yang (mungkin) terinfeksi saat bermain di pohon berlubang yang jadi rumah sekoloni kelelawar.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Science 7873286462982092501

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item