Asal Usul Misterius Virus Corona Mulai Terungkap, dan Mengejutkan

Asal Usul Misterius Virus Corona Mulai Terungkap, dan Mengejutkan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Teka-teki awal mula penyebaran virus corona atau COVID-19 hingga saat ini masih belum diketahui. Termasuk pasien pertama yang terinfeksi virus mematikan yang berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Belakangan ini, teka-teki asal mula virus corona mulai terungkap. Dikutip dari SCMP, berdasarkan catatan pemerintah China, disebutkan pasien pertama yang terinfeksi virus corona merupakan penduduk Hubei berusia 55 tahun.

Pasien yang tidak disebutkan identitasnya itu terinfeksi virus corona pada 17 November 2019. Sebelumnya, virus ini diyakini muncul pada awal Desember 2019.

Pemerintah China kala itu belum memiliki nama untuk virus corona. Mereka masih menyebut virus itu sebagai virus misterius.

Setelah penduduk Hubei berusia 55 tahun itu terinfeksi virus corona, sebanyak satu hingga lima kasus virus corona terus dilaporkan hampir setiap hari.

Pada 15 Desember 2019, tercatat sudah 27 orang yang dinyatakan terinfeksi virus corona di Hubei. Selang lima hari kemudian, pada 20 Desember 2019, jumlah pasien yang terinfeksi virus corona melonjak menjadi 60 orang.

Pada 16 Desember 2019, seorang dokter di China bernama Ai Fen, dalam sebuah wawancara, mengatakan sejumlah warga di Hubei telah terinfeksi virus corona. Namun belakangan pernyataan dr Ai Fen disamarkan, karena dianggap meresahkan publik.

Kemudian, pada 27 Desember 2019, seorang dokter dari rumah sakit terpadu di China, dr Zhang Jixian, mengatakan, ada puluhan penduduk Hubei terinfeksi virus corona. Bahkan jumlah penduduk Hubei yang sudah terinfeksi mencapai 180 orang.

Sementara berdasarkan data WHO, kasus virus corona pertama kali terkonfirmasi di China pada 8 Desember 2019. Namun, WHO tidak melakukan penelusuran untuk melacak virus ini. Mereka hanya berpatokan dengan data yang diberikan sejumlah negara.

Terkait dengan kepastian pasien kasus pertama virus corona, pemerintah China masih belum memberikan pernyataan. Bahkan sejumlah dokter di China yang ingin menelusuri asal mula virus corona kesulitan karena terhambat birokrasi.

Mereka kala itu tidak diperbolehkan untuk mengungkapkan seputar informasi virus corona kepada publik, dan harus melapor kepada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China jika mendapat informasi mengenai virus ini.

Related

World's Fact 9053511059651090620

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item