Cara Cek Update Corona dan Info Aktual COVID-19 via WhatsApp

Cara Cek Update Corona dan Info Aktual COVID-19 via WhatsApp, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - U-Report, wadah komunikasi dari UNICEF, memanfaatkan WhatsApp untuk memberikan informasi aktual seputar perkembangan virus corona, agar anak muda Indonesia bisa mendapatkan info akurat tentang update COVID-19.

U-Report saat ini digunakan sebagai salah satu portal informasi dari UNICEF, World Health Organisation, dan Federasi Internasional Palang Merah. Rangkuman update informasi tersebut dipersembahkan oleh UNICEF Indonesia.

Dikutip dari laman U-Report, untuk cek update virus corona dan informasi aktual terkait COVID-19, yang perlu dilakukan adalah menghubungi nomor WhatsApp U-Report: +628119004567. Simpan nomor tersebut atau klik tautan: https://bit.ly/infocovid-19 untuk langsung ke jendela obrolan bersama WhatsApp U-Report.

Selengkapnya sebegai berikut: https://bit.ly/infocovid-19 untuk memulai obrolan.

Cara lainnya, simpan nomor +628119004567 sebelum memulai obrolan. Di jendela obrolan, kirim pesan dengan teks "corona".

Jika pertama kali mengakses, pengguna perlu memberikan tiga info singkat: usia, jenis kelamin, dan kota domisili, karena U-Report butuh pemetaan profil responden. Pilih info yang ingin diketahui dari menu yang tersedia.

WhatsApp U-Report menawarkan beragam informasi terkait COVID-19—usai mengisi info singkat—di antaranya sebagai berikut:

A. Apa itu #Covid19
B. Bagaimana #Covid19 tersebar
C. Apa saja gejala #Covid19
D. Cara-cara melindungi diri
E. Cara-cara melindungi orang lain
F. Misinformasi seputar virus corona yang baru
G. Info tentang masker
H. Data terkini dan lainnya

Pengguna tinggal memilih salah satu info di atas, dengan menjawab pesan tersebut dengan huruf "A" hingga "H", sesuai poin pertanyaan terpilih.

"Awalnya, virus corona ditemukan pada hewan, tetapi sekarang menyebar dari orang ke orang melalui percikan dari saluran pernapasan (dahak/ludah) dalam jarak dekat, contohnya pada petugas kesehatan di tempat kerja saat merawat orang sakit tersebut," balasan WhatsApp U-Report saat menjawab pertanyaan poin "B".

Meski begitu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menyediakan laman khusus: http://infeksiemerging.kemkes.go.id/ sebagai acuan utama masyarakat untuk menyebarkan update terbaru terkait COVID-19.

Di Indonesia, diketahui ada dua orang dinyatakan positif corona, sementara jumlah kasus terkonfirmasi di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 90.000 orang dengan lebih dari 3.000 kematian, sebagaimana dikutip dari WHO.

Related

News 6699846306890566600

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item