Viral, Ada Drama Korea Tahun 2018 yang Telah Menyebut Virus Corona

Viral, Ada Drama Korea Tahun 2018 yang Telah Menyebut Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Virus Corona yang tengah mewabah di berbagai belahan dunia, membuatnya tak lepas jadi pembicaraan orang. Dari kalangan kedokteran, politisi, hingga penggemar drama Korea.

Kalangan yang terakhir disebut bukan hanya untuk mengada-ada. Penggemar drama Korea baru-baru ini menemukan sebuah tayangan dari tahun 2018, yang telah membahas tentang virus Corona.

Drama tersebut adalah My Secret Terrius atau Terius Behind Me, yang dibintangi oleh So Ji Sub dan Jung In Sun. Cuplikan adegan drama ini menyebut keberadaan virus Corona, dan langsung viral di media sosial.

Virus mutan

Salah satunya dituangkan lewat akun Twitter @kdrama_menfess. Dalam waktu sekitar tiga jam, unggahan ini di-retweet lebih dari 3 ribu kali, dan mendapat hampir 8 ribu tanda suka.

Cuplikan tersebut menggambarkan seorang dokter yang sedang menerangkan gejala virus Corona, yang dalam drama ini dikisahkan sebagai senjata biologis.

"Kita harus lebih banyak melakukan penelitian, tapi ini kelihatannya seperti virus Corona mutan," kata dokter di drama ini.

Virus yang sama?

Dokter ini kemudian menerangkan bahwa virus Corona langsung menyerang paru-paru, dan memiliki tingkat kematian lebih dari 90 persen. Masa inkubasinya adalah 2-14 hari, serta belum ada vaksin dan obat yang tersedia.

Jadi, apakah yang disebut dalam drama ini adalah virus Corona yang sama, dengan yang menyebabkan COVID-19?

Kelompok virus

Jawabannya, tentu saja tidak. Yang pertama harus diketahui, virus Corona adalah nama umum bagi sejumlah keluarga virus. Cirinya adalah memiliki "mahkota" berduri di permukaannya, dan pada manusia umumnya menyerang sistem pernapasan.

Dari situs resmi Pusat Pencegahan dan Pengontrolan Penyakit Amerika Serikat, disebutkan bahwa virus Corona pertama kali diidentifikasi pada tahun 1960-an. Sementara strain virus yang menyebabkan COVID-19 baru diidentifikasi pada 2019.

Situs WHO menyebutkan bahwa sepanjang sejarah, virus Corona telah menyebabkan sejumlah penyakit, mulai dari flu biasa sampai MERS dan SARS. Tak heran kan, bila kemudian virus ini jadi inspirasi bagi sineas drama Terius Behind Me?

Tingkat kematian

Dalam drama Terius Behind Me, efek yang ditimbulkan virus tersebut berkali-kali lipat lebih serius dan mematikan. Di drama ini disebutkan bahwa pasien yang terinfeksi akan kehilangan harapan hidup dalam waktu lima menit. Apalagi tingkat kematiannya mencapai 90 persen.

Sementara pada COVID-19, WHO mencatat bahwa sekitar 80 persen penderitanya bisa sembuh dari penyakit ini, tanpa perlu pengobatan khusus. Namun kalangan lanjut usia dan mereka yang memiliki masalah kesehatan, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, memiliki risiko yang lebih serius.

Related

News 582321597316715198

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item