Google dan YouTube Hapus Video Jamu yang Klaim Berkhasiat Sembuhkan Corona

Google dan YouTube Hapus Video Jamu yang Klaim Berkhasiat Sembuhkan Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Google memutuskan untuk menghapus konten video bermuatan jamu yang dikaitkan dengan virus corona. Menurut Head of Public Policy Google Indonesia, Putri Alam, konten tersebut cenderung membuat orang enggan mencari pertolongan medis.

"Bukan berarti semua video yang soal jamu jamuan tradisional semuanya kita take down. Jadi kalau misalnya ada video-video yang bilangnya atau ngakunya ini lebih ampuh daripada ke dokter, atau ini lebih ampuh daripada obat-obatan yang terbukti secara medis, itu sudah pasti kita take down," kata Putri, usai acara Diskusi Hoaks Virus Corona, Jakarta, Senin, 9 Maret 2020.

Dia mengaku tidak ada data berapa video yang diturunkan terkait hal tersebut. Namun dia menuturkan untuk subyek kesehatan sangat sensitif.

Jadi video yang membuat penonton mengurungkan niat mencari bantuan medis pasti akan diturunkan. Putri mengumpamakan, misalnya ada konten yang bermuatan jamu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menurutnya masih bisa dikatakan aman.

"Pokoknya apa aja yang akan mengurungkan niat viewer atau pengguna untuk mencari bantuan medis yang jelas -jelas seperti saat corona virus ini, hanya bantuan medis profesional yang membantu, itu pasti akan take down," kata dia.

Salah satu konsep take down-nya menggunakan machine learning. Jadi dalam platform Google, ada community guideline, yaitu kebijakan-kebijakan yang melanggar aturan komunitas akan langsung dihapus dengan machine learning.

Selain itu ada pula dengan laporan yang mengandalkan info dari publik. Putri menjelaskan akan di-review secara manual.

Putri juga mengatakan pemerintah di suatu negara juga bisa meminta menghapus sebuah konten, berdasarkan hukum yang berlaku di sana.

"Kalau masih ada yang lolos juga, pemerintah lewat kominfo satu pintu itu akan request take down berdasarkan hukum yang berlaku di negara setempat, dan itu akan kita take down," ujar Putri.

Related

News 5176151282341602107

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item