Hal Penting untuk Menangkal Virus Corona: Rajin Bersihkan Ponsel!

Hal Penting untuk Menangkal Virus Corona: Rajin Bersihkan Ponsel!, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Membersihkan ponsel secara reguler dan mencuci tangan dianggap sebagai cara terbaik untuk melawan penyebaran virus corona, ketimbang menggunakan masker. Hal ini disampaikan oleh Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Sebelumnya, empat dokter menyarankan warga Singapura menggunakan masker ketika keluar rumah, dan menghindari komunikasi di depan umum.

Namun, menurut Kenneth Mak, saran tersebut belum tentu efektif. Pasalnya, tidak ada bukti corona bisa menyebar lewat udara. Ia pun menyarankan warga untuk membersihkan ponsel mereka.

"Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukan hal yang paling penting," ujarnya seperti dilansir dari Business Insider.

Berbagai penelitian memang menunjukkan, smartphone mengandung lebih banyak kuman ketimbang kursi toilet. Ponsel merupakan barang paling kotor yang dimiliki seseorang, karena paling sering dipegang, bahkan ponsel dibawa ke toilet.

Buruknya lagi, ponsel sering didekatkan ke mata, hidup, dan mulut. Hal ini terjadi karena pengguna memakai ponsel untuk menelepon atau menerima telepon seseorang.

Menurut penelitian dari empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat UV smartphone sanitizer adalah cara paling efektif membunuh kuman.

Menggunakan larutan alkohol juga efektif membersihkan ponsel, ujar penelitian tersebut, dan menambahkan, celah antara ponsel dan casing mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

Informasi saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan terdapat 2 orang yang, setelah dicek, terjangkit virus corona. Ia mengimbau warga untuk menjaga kesehatan.

"Kita harus higienis, banyak cuci tangan, penting sekali. Kontak yang tidak perlu saya kira tidak usah dilakukan terlebih dulu," ujarnya.

Related

Tips 3531019037008916089

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item