Ini Website Resmi Terkait Informasi Wabah Virus Corona di Indonesia

Ini Website Resmi Terkait Informasi Wabah Virus Corona di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - KawalCOVID19, inisiatif untuk mengawal informasi akurat tentang virus corona di Indonesia, kini punya situs web resmi, alamatnya KawalCOVID19.id. Inisiatif ini digagas oleh praktisi teknologi informasi, Ainun Najib, dan beberapa relawan lain dengan misi meluruskan berbagai misinformasi novel coronavirus yang beredar di media sosial.

Sebelumnya, tim telah membuat akun Twitter dan Facebook @KawalCOVID19, yang telah beroperasi sejak 1 Maret lalu. Situs web ini hadir sebagai media pendukung akun media sosial milik tim KawalCOVID19 yang sudah muncul sebelumnya.

Berdasarkan siaran pers, Kamis (5/3), KawalCOVID19 akan dimutakhirkan berkala dengan tiga fondasi, yaitu informasi, verifikasi, dan edukasi.

Tim akan mengkurasi dan menganalisis semua informasi yang beredar, dan mengklarifikasi kabar burung yang simpang siur, serta mengedukasi pembaca dengan informasi yang akurat.

“Menyampaikan ke publik hal-hal yang perlu dan bisa dilakukan, hal-hal yang perlu dihindari, serta tips-tips kesehatan lain yang mudah diaplikasikan oleh setiap orang dan kelompok masyarakat, seperti di sekolah, tempat kerja, rumah makan dan tempat-tempat umum,” kata juru bicara KawalCOVID19, Elina Ciptadi, dalam siaran pers.

Anggota KawalCOVID19 terdiri dari netizen Indonesia pro-data, yang berlatar belakang medis, edukasi, sains, riset, teknologi dan komunikasi massa. Anggota dibagi ke dalam tiga tim, yaitu tim tekonologi, tim data, dan tim konten.

Elina menambahkan, sebagian tim relawan KawalCOVID19 juga merupakan warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri, dan sudah mengalami hidup di komunitas yang positif COVID-19.

Selain KawalCOVID19, ada juga organisasi lain yang menyediakan informasi seputar virus corona yang bisa diakses lewat nomor WhatsApp. Hal itu dilakukan oleh UNICEF yang bekerja sama dengan WHO (Badan Kesehatan Dunia) dan Federasi Palang Merah, lewat portal informasi U-Report.

Related

News 5360836333592742711

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item