Jika Mengalami Gejala Terinfeksi Corona, Ini Petunjuk Melakukan Isolasi Mandiri

Jika Mengalami Gejala Terinfeksi Corona, Ini Petunjuk Melakukan Isolasi Mandiri, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan protokol isolasi mandiri di rumah, selama wabah virus corona (SARS CoV-2). Surat Edaran mengenai Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam penanganan virus penyebab Covid-19 ini diteken Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Isinya, soal panduan dan langkah pencegahan mendasar terkait penularan virus corona.

Panduan tersebut diterbitkan guna mengerem laju penyebaran virus corona di Indonesia. Dari kasus di pelbagai negara, isolasi merupakan salah satu cara efektif untuk menghambat penularan virus. Oleh karena itu, protokol isolasi mandiri sebaiknya dipatuhi setiap orang.

Berikut protokol isolasi diri sendiri di rumah, berdasarkan surat edaran Kemenkes:

1. Jika sakit, tetap di rumah.

Jika sakit atau sedang tidak enak badan, seperti memiliki demam, flu, atau batuk, pilek, jangan pergi bekerja, sekolah, atau ke ruang publik lainnya, untuk mencegah penularan penyakit.

Isolasi diri di rumah, dan terus memantau kondisi diri. Saat ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), sebisa mungkin hindari penggunaan transportasi publik.

Di fasyankes, beri tahu dokter mengenai keluhan dan gejala yang dirasakan, serta jika pernah mengunjungi daerah terdampak COVID-19 atau kontak dengan pasien positif COVID-19.

2. Yang dilakukan saat isolasi diri.

- Tinggal di rumah, jangan pergi bekerja, dan jangan ke ruang publik.

- Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya. Upayakan menjaga jarak dari anggota keluarga, setidaknya 1 meter.

- Gunakan masker selama masa isolasi diri.

- Lakukan pengukuran suhu harian, dan obeservasi gejala klinis seperti batuk atau kesulitan bernapas.

- Hindari pemakaian bersama untuk peralatan makan (piring, sendok, gelas), peralatan mandi (handuk, sikat gigi, gayung), dan linen/seprai.

- Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan lakukan etika batuk dan bersin.

- Berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.

- Jaga kesehatan rumah dengan cairan disinfektan.

- Hubungi segera fasyankes jika sakit berlanjut seperti sesak napas untuk dirawat lebih lanjut.

3. Yang dilakukan selama pemantauan diri, setelah dari daerah terdampak atau kontak dengan pasien positif—tapi tak muncul gejala.

- Lakukan observasi atau pemantauan diri sendiri di rumah.

- Lakukan pengukuran suhu tubuh harian dan observasi gejala klinis.

- Jika muncul gejala, laporkan ke fasyankes terdekat.

Related

Tips 4091710500935243555

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item