Kapan Wabah Corona yang Kini Melanda Dunia Akan Berakhir? Ini Jawaban Ahli

Kapan Wabah Corona yang Kini Melanda Dunia Akan Berakhir? Ini Jawaban Ahli naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Semua negara yang tengah bertarung melawan virus corona harus memikirkan strategi keluar.

Sejumlah negara mulai menutup perbatasannya. Tempat-tempat yang biasanya ramai, kini menjadi kota hantu karena berbagai kebijakan karantina wilayah hingga penutupan sekolah, dan pembatasan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Situasi ini merupakan respons terhadap wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tapi, kapankah semua ini berakhir, dan kapankah kita bisa kembali ke kehidupan normal?

Perdana Menteri Boris Johnson menyatakan bahwa ia yakin Inggris akan menangani virus Corona dalam 12 minggu ke depan, dan negara tersebut dapat mengakhiri wabah ini segera.

Tapi kalau pun angka kasus mulai menurun dalam tiga bulan ke depan, kita masih jauh dari akhir masalah. Butuh waktu lama hingga badai benar-benar berlalu - mungkin butuh tahunan.

Strategi karantina wilayah dan berbagai pembatasan sudah jelas tidak dapat diterapkan terus-menerus, karena konsekuensi ekonomi dan sosialnya akan terlalu besar dan mengganggu.

Apa yang dibutuhkan semua negara yang kini tengah bertarung menghadapi wabah adalah "strategi keluar" - sebuah cara untuk menghentikan berbagai kebijakan pembatasan dan mengembalikan kehidupan normal.

Tapi virus corona tidak akan menghilang dalam waktu dekat. Jika pembuat kebijakan membatalkan berbagai karantina wilayah, jumlah kasus bisa melonjak tajam.

"Kita punya masalah besar dengan apa strategi keluar yang baik dan bagaimana mengakhiri semua ini," kata Mark Woolhouse, profesor epidemiologi penyakit menular di University of Edinburgh. "Tidak hanya Inggris, tidak ada satu pun negara yang punya strategi keluar."

Pandemi ini merupakan tantangan ilmiah dan sosial yang sangat serius.

Vaksin: setidaknya 12-18 bulan lagi

Vaksin dapat memberikan ketahanan tubuh terhadap seseorang, sehingga mereka tidak akan sakit jika terpapar.

Berikan vaksin ke banyak orang, atau setidaknya 60 ribu populasi, dan virus tidak akan menimbulkan wabah - konsep yang dikenal sebagai herd immunity atau imunitas kelompok.

Orang pertama telah diberi vaksin yang tengah diuji coba di Amerika Serikat, setelah peneliti mendapatkan izin untuk melewatkan tahapan uji pada binatang. Penelitian untuk menemukan vaksin dilakukan secara cepat, tapi tidak ada garansi jika upaya ini berhasil, dan akan dibutuhkan imunisasi secara global.

Perkiraan terbaik memprediksi vaksin akan tersedia dalam 12 sampai 18 bulan jika semua berjalan lancar. Ini merupakan waktu yang lama jika membayangkan harus ada karantina wilayah sepanjang waktu tersebut.

"Menunggu vaksin tidak seharusnya dianggap bagian dari strategi, itu bukan strategi," kata Prof Woolhouse.

Imunitas alami: setidaknya dua tahun lagi

Salah satu strategi jangka pendek Inggris adalah untuk menekan angka kasus, untuk menghindari lonjakan pasien yang membebani rumah sakit - saat sebuah negara kekurangan kasur perawatan intensif, angka kematian akan melonjak.

Setelah kasus bisa ditekan, sebuah negara akan punya sedikit keleluasaan untuk mengurangi pembatasan sementara waktu - hingga ada kenaikan kasus dan pembatasan kembali dibutuhkan.

Kapan ini dapat terjadi, masih jadi pertanyaan. Kepala penasihat sains, Sir Patrick Vallance, mengatakan, "menentukan tenggat waktu adalah hal yang tidak mungkin dilakukan."

Melakukan hal ini dapat, secara tidak sengaja, menciptakan imunitas kelompok karena semakin banyak orang terinfeksi.

Tapi pendekatan ini butuh waktu tahunan, menurut Prof Neil Ferguson dari Imperial College London: "Kita berbicara tentang menekan penularan pada level di mana, jika memungkinkan, hanya sedikit dari populasi yang terinfeksi."

"Jadi, pada akhirnya kita akan melanjutkan ini untuk dua tahun atau lebih mendatang, mungkin pada saat itu sudah cukup orang terinfeksi untuk menciptakan perlindungan kelompok."

Tapi ada pertanyaan seputar sampai kapan imunitas ini akan bekerja. Varian virus Corona lainnya, yang menimbulkan gejala demam biasa, menciptakan respons imun yang lemah, dan manusia dapat terkena virus yang sama berkali-kali sepanjang hidupnya.

Alternatif: tidak ada akhir

"Opsi ketiga adalah perubahan secara permanen perilaku masyarakat yang membantu kita untuk menekan penularan," kata Prof Woolhouse.

Opsi ini menuntut pemerintah untuk tetap memberlakukan beberapa kebijakan yang sudah diterapkan. Atau meningkatkan tes cepat dan isolasi pasien untuk berusaha menekan wabah.

"Kita sudah melakukan deteksi dini dan pelacakan kontak, tapi metode itu tidak efektif," Prof Woolhouse menambahkan.

Mengembangkan obat-obatan yang dapat menangkal infeksi Covid-19 dapat membantu strategi lain juga.

Obat-obatan ini dapat digunakan sesegera mungkin setelah seseorang menunjukkan gejala dalam proses yang disebut "pengendalian penularan".

Atau merawat pasien di rumah sakit untuk membuat penyakitnya tidak terlalu mematikan, dan mengurangi tekanan terhadap ruang gawat darurat. Ini dapat memungkinkan banyak negara untuk menangani kasus sebelum kembali memberlakukan karantina wilayah.

Meningkatkan jumlah ranjang di unit gawat darurat akan menimbulkan efek yang sama dengan peningkatan kapasitas penanganan wabah yang lebih besar.

Adakah jalan keluar? Kepala penasihat medis Inggris, Prof Chris Whitty, menyatakan, "Untuk jangka panjang, yang jelas vaksin adalah salah satu jalan keluar dari semua ini, dan kita semua berharap akan terjadi secepatnya."

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Science 3240352818755732670

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item