Kawasaki Ninja 250 Menjadi Motor Nasional Malaysia, Namanya Diubah Jadi Modenas Ninja

Kawasaki Ninja 250 Menjadi Motor Nasional Malaysia, Namanya Diubah Jadi Modenas Ninja, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kawasaki Ninja 250 2-silinder menjadi motor nasional di Malaysia. Motor sport tersebut di-rebadge oleh perusahaan motor nasional yang disebut Modenas.

Hal ini sebagai bentuk kerja sama antara Modenas dan prinsipal Kawasaki, yang memiliki saham 30 persen di manufaktur kebanggan Malaysia tersebut. Hasilnya, ragam motor Kawasaki dirakit lokal di fasilitas produksi Modenas di daerah Gurun, Malaysia.

Hanya saja, sebagai buah kesepakatan, motor dijual dengan emblem perusahaan, sehingga namanya menjadi Modenas Ninja 250. Meski belum ada banderol resmi, Paultan melaporkan harganya bisa lebih murah dibanding Kawasaki Ninja 250.

Secara keseluruhan, baik versi Modenas maupun Kawasaki, tidak ada perbedaan yang mencolok. Sebagai identitas, cuma tersemat emblem yang dipasangkan pada windshield motor.

Menyoal spesifikasi, juga sebelas dua belas. Mesinnya sama-sama 249 cc, DOHC, 2-silinder berpendingin cairan dengan tenaga 35 dk, dan torsi maksimum 23 Nm ke transmisi manual 6-percepatannya.

Memang ada penurunan tenaga sedikit bila dibandingkan dengan model yang sedang diniagakan di Indonesia. Sumber melansir karena adanya pengaruh dari katalis converter, guna memenuhi regulasi Euro IV.

Kendati demikian, tetap saja penanda khas Kawasaki susah dihilangkan. Pada bagian cover engine sampai plastik body samping, masih terdapat embos perusahaan geng hijau tersebut.

Sayangnya, motor tersebut cuma dijual dalam satu warna, hitam, dengan kombinasi abu-abu tua dan emas gelap. Menarik sebenarnya, biar tidak bosan karena Kawasaki selalu identik dengan hijau.

Kawasaki Ninja 250 bukan model pertama yang diganti nama perusahaan pembuatnya. Sejak berdiri 2005 lalu, Modenas memiliki portofilio berupa ragam pilihan motor sport, motor bebek, dan matik—yang sebagian juga merupakan produk rebadge.

Sebut saja Dominar D400, NS200, RS200, NS160, yang diganti identitas pabrikannya dari Bajaj menjadi Modenas. Atau ada motor matik Elegan 250 yang berasal dari Kymco Downtown.

Related

News 4781072238128278159

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item