Kiat-kiat Sederhana untuk Menangkal Penularan Virus Corona

Kiat-kiat Sederhana untuk Menangkal Penularan Virus Corona,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Cara pencegahan penularan virus corona sudah ditulis banyak media. Kuncinya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur.

Seorang profesor biofisika dari Universitas Johns Hopkins, Karen Fleming, mengatakan bahwa virus corona adalah virus yang diselimuti. Artinya, ia memiliki lapisan membran lipid luar atau lapisan lemak pada bagian luar.

"Mencuci tangan dengan sabun dan air memiliki kemampuan untuk melarutkan lapisan lemak berminyak ini, dan membunuh virusnya," ujar Fleming.

Hal yang sama juga diungkap oleh spesialis pencegahan infeksi, Eli Perencevich, profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa. Menurutnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta berusaha untuk tidak menyentuh bagian wajah, adalah salah satu bentuk pencegahan virus corona.

"Cobalah melatih diri untuk tidak menyentuh wajah, terutama mulut dan hidung Anda," kata Perencevich.

Ia juga menyarankan untuk selalu membawa cairan pembersih tangan, untuk berjaga-jaga jika tidak bisa menemukan sabun dan air, setelah menyentuh wajah atau permukaan lain yang mengandung kuman, misalnya gagang pintu.

"Hanya karena itu adalah virus pernapasan, bukan berarti virus itu masuk ke tubuh melalui pernapasan," jelas Parencevich.

"Itu bisa masuk ketika tangan yang terkontaminasi menyentuh mulut atau wajah. Jadi, cuci tangan, dan jangan menyentuh mulut atau wajah tanpa mencuci tangan terlebih dulu," lanjutnya.

Selain itu, Anda juga bisa melindungi diri melalui jarak, misalnya jika melihat seseorang batuk, bersin, atau terlihat sakit, jauhkan diri setidaknya tiga langkah kaki darinya, sebab sejauh itulah sebagian besar cairan akan bergerak.

Bagaimana jika sedang bepergian ke daerah terinfeksi, atau memiliki daya tahan lemah?

Jika Anda merasa memiliki kekebalan tubuh yang lemah, atau berisiko tinggi terhadap komplikasi dari virus corona, maka perlu untuk berbicara dengan dokter sebelum bepergian, khususnya mendiskusikan perlu tidaknya memakai respirator medis di depan umum.

Begitu pula saat bepergian ke suatu daerah yang tertular virus corona, Anda perlu berkonsultasi dengan petugas medis setempat.

Meski demikian, Parencevich menegaskan bahwa menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur adalah alat yang paling penting dan efektif untuk mencegah virus corona, di mana pun berada.

Related

Tips 7287186373444412311

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item