Mengenal Hazmat Suit yang Banyak Dipakai Saat Pandemi Corona

Mengenal Hazmat Suit yang Banyak Dipakai Saat Pandemi Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Salah satu kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) adalah hazmat suit atau baju hazmat. Kelengkapan ini mudah sekali dikenali karena oleh banyak orang dianggap mirip baju astronot.

Penggunaan APD sangat penting untuk mencegah penularan virus corona. COVID-19 bisa menular melalui droplet atau cairan liur dari pasien yang terinfeksi COVID-19. Karena itu, belakangan ini banyak bermunculan foto para dokter saat menggunakan pakaian khusus berwarna putih atau juga dikenal dengan istilah hazmat suit.

Lalu, apa itu hazmat suit?

Dikutip dari Independent, APD atau hazmat suit merupakan singkatan dari 'hazardous material suit'. Alat yang didesain khusus untuk melindungi tenaga medis dari bahan atau zat berbahaya, seperti bahan kimia dan biological agents. APD atau jas hazmat biasanya dilengkapi dengan kacamata, sarung tangan dan jas yang berbahan khusus.

APD ini umumnya dikenakan oleh petugas medis saat merawat pasien dengan diagnosis penyakit yang bisa menular, saat melakukan kontak langsung. Contohnya pada pasien yang terinfeksi virus corona.

Rumah sakit biasanya memiliki prosedur yang berbeda-beda untuk penggunaan APD. Yang biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien, rumah sakit, serta lokasi yang terjangkit wabah virus atau penyakit berbahaya lainnya.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Technology 4245729220045752727

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item