Mengenal Paederus Fuscipes alias Tomcat yang Populer di Indonesia

Mengenal Paederus Fuscipes alias Tomcat yang Populer di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Paederus fuscipes adalah serangga kumbang yang di Indonesia populer disebut tomcat. Dalam bahasa Inggris, Paederus fuscipes disebut rove beetle. Jenis kumbang itu mencakup famili Staphylinidae, dan terdiri dari ribuan genus serta kurang lebih 46.000 spesies.

Spesies Paederus fiscipes adalah salah satu jenis kumbang yang masuk dalam genus Paederus. Totalnya ada sekitar 12 spesies yang masuk genus tersebut.

Ciri-ciri Paederus fuscipes adalah memiliki kepala berwarna hitam, dada dan perut berwarna oranye, dan sayap kebiruan. Warna mencoloknya berfungsi sebagai peringatan bagi predatornya, bahwa serangga itu beracun.

Ukurannya sekitar 7-10 milimeter, dan biasanya hidup di persawahan. Pada siang hari, serangga itu biasa terbang di atas tanaman padi untuk mencari mangsa berupa wereng dan hama padi lainnya. Karena itu, serangga tersebut sebenarnya bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi.

Ketika malam, Paederus fuscipes cenderung tertarik pada cahaya lampu. Karena itulah kemudian banyak dari serangga itu yang kemudian mendekati dan memasuki kawasan rumah atau apartemen penduduk.

Related

Science 6059569590454116665

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item