Mengenal Virus Hanta yang Bikin Geger Warga Dunia di Tengah Wabah Corona

Mengenal Virus Hanta yang Bikin Geger Warga Dunia di Tengah Wabah Corona,naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Tagar #Hantavirus merangsek masuk di jajaran topik terpopuler Indonesia, sebab warga China diberitakan meninggal dunia karena terinfeksi virus hanta. Sontak, warganet di Twitter panik karena wabah virus corona SARS-Cov-2 belum juga usai.

Virus hanta tidak dikategorikan sebagai virus baru. Berdasarkan keterangan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus ini juga tidak menular dari satu manusia ke manusia lainnya, dan hanya bisa diinfeksikan oleh hewan pengerat pada manusia. Virus ini juga tidak menular lewat udara.

Merespons cuitan yang viral tentang #Hantavirus, akun @HilyaTsaniya mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun isolasi untuk masyarakat dunia.

Sebab, saat wabah virus corona seperti saat ini, pejabat dunia meminta warganya untuk mengisolasi diri di rumah mereka agar tidak terjangkit virus.

"Ya Tuhan, bahkan belum setengah tahun. 2020 menjadi tahun isolasi #Hantavirus," kata dia.

Ada juga warganet yang mengalami kepanikan, akun @MutumaMnairobi berharap virus hanta tidak berbahaya.

"Tolong bilang kamu (virus hanta) tidak berbahaya #Hantavirus #TruthBeTold," cuitnya.

Di sisi lain, sebagian netizen memberikan informasi singkat mengenai virus hanta. Akun @agahadiriza mengatakan bahwa virus hanta hanya bisa menyebar lewat urin, tinja atau air liur dari hewan yang terinfeksi virus hanta.

"Kita sudah cukup panik dan banyak rumor yang salah. Jadi, tolong berhenti menambahkan bensin ke dalam api. #Hantavirus bukan virus baru dan tidak menular antar manusia. Virus ini hanya menyebar melalui urine hewan, tinja atau air liur yang terinfeksi. Kita semua berpendidikan, saatnya bertindak yang benar. @Indiatoday," cuitnya.

Lalu, ada juga warganet yang mengimbau untuk tidak panik dengan berita virus hanta.

"Penyakit ini tidak menyebar melalui udara dan hanya dapat menyebar jika mereka bersentuhan dengan urin, tinja, dan air liur tikus. Jangan panik dengan berita palsu," cuit @imrealalmir.

Dikutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus hanta adalah genus virus dari famili Bunyaviridae yang menyebabkan munculnya penyakit sindrom paru virus hanta (hantavirus pulmonary syndrome).

Virus ini mudah diinaktivitasi (dimatikan) dengan panas, detergen, pelarut organik, dan larutan hipklorit. Virus hanta bayak ditemukan pada hewan pengerat seperti tikus. Sebagian besar virus ini ditranmisikan melalui inhalasi kotoran hewan pengerat yang terinfeksi virus hanta.

Namun, virus ini tidak dikategorikan sebagai virus baru. Sebab, Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS (United State's National Center for Biotechnology Information/NCBI) telah menuliskan di dalam sebuah jurnal terkait genus virus hanta yang berjumlah lebih dari 21 spesies.

Dilansir India Today, virus hanta pertama kali muncul tahun 1978 di dekat sungai Hantan, Korea Selatan. Lalu virus itu dinamakan hantan. Saat itu, virus hantan telah menginfeksi lebih dari 3.000 warga Korsel.

Lalu pada 1981, genus baru yang disebut virus hanta diperkenalkan sebagai famili Bunyaviridae, yang dapat menyebabkan penyakit demam hemoroligik.


Related

Science 4496549585335175733

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item