Ternyata, Menjadi Bintang TikTok Juga Bisa Dapat Banyak Uang (Bagian 2)

Ternyata, Menjadi Bintang TikTok Juga Bisa Dapat Banyak Uang naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ternyata, Menjadi Bintang TikTok Juga Bisa Dapat Banyak Uang - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Peruntungan bintang TikTok mungkin akan berubah. Sampai beberapa waktu lalu, influencer seperti Luna tak tahu siapa yang menonton videonya.

Kini mereka akan mendapat informasi mendasar—seperti lokasi dan usia penonton mereka, dan juga ukuran capaian mereka—ini membantu brand untuk membuat keputusan dalam menjalin kerjasama dengan kreator.

"Itu satu-satunya yang membuat brand ragu untuk masuk ke TikTok," kata Shepherd. "Seseorang mungkin punya satu juta pengikut, tapi kita tak tahu siapa mereka atau usia mereka. Sekarang, ketika seseorang mau menyasar orang-orang berusia 25 tahun di London, kita bisa mengakses informasi itu."

'Mereka tak terburu-buru'

Meski aplikasi tersebut sudah menghubungi pengiklan dalam beberapa bulan terakhir untuk mempromosikan tantangan tagar berbayar dan lensa berbayar (seperti Snapchat dengan filter yang disponsori), TikTok sengaja tak terburu-buru agar tak mengulang kesalahan aplikasi lain, kata Banham.

Kelambatan ini mungkin bisa membuat frustrasi para kreator yang berupaya untuk meraih keuntungan dari besarnya penonton mereka.

Tapi Banham, yang menggungah video akan seni tubuh yang sangat detail, tutorial riasan wajah dan "kekonyolan internet umum", tak terlalu khawatir dengan minimnya kesempatan komersialisasi.

Dia mulai menggunakan aplikasi Musical.ly, yang kemudian bergabung menjadi TikTok, pada 2017, untuk mengumpulkan pengikut setelah mengikuti saran seorang teman yang bilang, "Gunakan aplikasi itu dan coba menguasainya."

"Saat saya mulai beberapa tahun lalu, saya tahu bahwa tak ada kesepakatan dengan brand atau semacamnya," kata Banham. "Mereka tak terburu-buru melakukan apa yang mereka lakukan, dan ini membuat kreator putus asa, tapi mereka menunggu waktu—saya pikir itu penting."

Javi Luna juga merasakan hal yang sama. "Sejujurnya, Anda tak mendapat banyak uang, tapi ini platform yang penting."

Kreativitas adalah kunci

Terlepas dari lambatnya pergerakan dalam aplikasi tersebut, para pengiklan sudah sadar akan daya tarik dari para bintang.

Mereka tertarik dengan para anak muda pengguna aplikasi tersebut, yang berada di arus video yang dirancang singkat dan seperti camilan, sehingga orang akan terus menonton.

Tak seperti YouTube, pengguna langsung disodori video-video yang diputar secara otomatis, langsung menarik perhatian sejak awal.

Kunci dari aplikasi tersebut adalah konsolidasi penggunanya untuk ikut serta dalam berbagai tantangan—pengguna mengikuti serangkaian format video, seperti berkompetisi dalam gaya tari tertentu, dan ini mendorong rasa memiliki serta komunitas.

"Terlibat dalam tantangan TikTok dengan cara yang positif dan kreatif bisa membantu sebuah konten dilihat dan jadi viral," kata Whatley.

"Brand kini mulai melirik itu," kata Banham, yang melihat peningkatan jumlah perusahaan yang mensponsori influencer untuk menyebut produk mereka dalam enam bulan terakhir.

"Hanya butuh satu brand besar yang berani terjun melakukan kampanye besar, dan itu akan menjadi contoh," katanya.

Namun ini bisa jadi senjata makan tuan. Meski langkah ini bisa membuat bintang TikTok jadi terkenal, namun YouTube dan Instagram sudah kewalahan dengan iklan yang mengisi feed mereka, sampai-sampai kreativitas dan keaslian tak lagi menjadi prioritas.

Meski begitu, kehati-hatian yang dilakukan TikTok dalam memasukkan pengiklan menunjukkan bahwa aplikasi tersebut belajar dari para pendahulunya. Dan para kreatornya merasa bahwa langkah ini bisa menjaga kreativitas mereka.

"Secara umum, aplikasi TikTok hanya akan jadi lebih besar," kata Banham. "Ini benar-benar memonopoli video format singkat vertikal. Mereka melakukannya dengan benar."

Related

Technology 5069019234399679350

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item