Peneliti LIPI: Orang Tanpa Gejala Corona Bisa Menularkan Virus Corona

Peneliti LIPI: Orang Tanpa Gejala Corona Bisa Menularkan Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, orang tanpa gejala terinfeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19 bisa menginfeksi orang lain. Peneliti bidang mikrobiologi LIPI, Sugiyono Saputra, mengatakan situasi itu bisa membuat penyebaran Covid-19 tidak terdeteksi.

"Ini mengkhawatirkan, karena bisa saja penyebaran virus sudah meluas tapi tidak diketahui," ujar Sugiyono.

Sugiyono menuturkan, fenomena tersebut bukan hal yang baru. Dia berkata, penelitian di Jerman pernah melaporkan hal itu sejak awal outbreak Covid-19.

Lebih lanjut, Sugiyono menyampaikan studi terbaru dari pasien di China menunjukkan bahwa 12,6 persen kasus merupakan transmisi pre-simtomatik. Dia mengatakan, transmisi pre-simtomatik adalah penularan dari orang yang membawa virus tapi belum ada gejala ke orang sehat yang lain.

"Jadi ada indikasi bahwa orang yang tertular bisa menunjukkan gejala Covid-19 lebih awal daripada orang yang menularkan," ujarnya.

Sugiyono menjelaskan, situasi orang yang tertular lebih cepat menimbulkan gejala daripada yang menularkan kemungkinan terjadi karena orang tersebut lebih susceptible atau lebih rentan. Sehingga gejala sakit cepat timbul.

"Atau waktu inkubasinya lebih pendek," ujar Sugiyono.

Untuk menanggulangi dampak dari hal itu, dia menyarankan pemerintah memperbanyak dan memperluas tes Covid-19. Adapun untuk individu, dia menyarankan untuk mempraktikkan social distancing dengan benar.

"Dan self isolation bila ada gejala awal menyerupai Covid-19, dan melaporkannya bila makin parah," ujarnya.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Science 4614707648124893215

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item