Pesan Andrea Dian yang Kini Terinfeksi Corona: Wabah Virus Ini Nyata, Jangan Remehkan!

Pesan Andrea Dian yang Kini Terinfeksi Corona: Wabah Virus Ini Nyata, Jangan Remehkan! naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Artis peran Andrea Dian Indria Sari Setiawan atau Andrea Dian mengumumkan bahwa ia positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Andrea Dian melalui akun Instagram-nya.

Berikut sejumlah pengakuan Andrea tentang kondisinya:

Diagnosis awal demam berdarah 

Wanita berusia 34 tahun ini menceritakan awal mula ia bisa mengetahui virus  corona, yang kini menjadi pandemi global, menjangkiti dirinya. Ia mengaku awalnya didiagnosis mengidap demam berdarah.

"Awalnya aku demam tanggal 13 Maret 2020 dan langsung dibawa ke RS Swasta. Di sana aku didiagnosis Demam Berdarah dan langsung opname. Tanggal 15 aku sudah mulai fit," tulis Andrea.

Namun, karena masih khawatir akan kondisinya, Andrea kemudian meminta untuk dicek toraks. Rontgen toraks adalah pemeriksaan kondisi organ dalam rongga dada, termasuk jantung dan paru-paru.

"Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negative," tulis Andrea.

Namun, ketika paru-parunya di-scan, ditemukan ada flek pada bagian kanan dan kiri paru-parunya. Selang beberapa hari setelah melakukan tes, istri aktor Ganindra Bimo ini akhirnya mendapat kabar bahwa ia positif terinfeksi virus corona.

"Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalau aku positif Covid-19," ujarnya.

Jalani isolasi 

Andrea tengah menjalani proses isolasi, sesuai arahan protokol kesehatan di sebuah rumah sakit. Istri aktor Ganindra Bimo ini bersyukur masih mendapatkan tempat tidur.

"Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar seadanya," kata Andrea Dian. Menurut dia, masih banyak pasien belum mendapatkan fasilitas perawatan yang memadai karena kapasitas yang terbatas.

"Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di kontainer," ucap Andrea.

Saksikan petugas medis kewalahan 

Di sisi lain, istri Ganindra Bimo itu ikut merasakan bagaimana tenaga medis kelabakan menangani pasien yang jumlahnya melebihi kapasitas tim medis.

"Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu, tetapi aku lihat sendiri bagaimana mereka sangat kewalahan menghadapi banyaknya pasien, baik yang positif maupun yang suspect," ujarnya. 

Ia berharap instansi terkait dapat merespons pesannya dengan mengatasi berbagai kendala penanganan virus corona di Indonesia.

Banjir dukungan dan doa 

Usai mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona, Andrea Dian langsung dibanjiri dukungan dan suntikan semangat, baik dari rekan-rekan artis, sahabat, maupun warganet.

Unggahan Andrea Dian di akun Instagram-nya dipenuhi 859 komentar. Nama-nama seperti Jennifer Bachdim, Melaney Ricardo, dan Chicco Jerikho, memberikan dukungan kepada Andrea. Ada pula Wulan Guritno, Audy Item, dan Ussy Sulistiawaty, yang tak luput memberikan doa dan dorongan semangat kepada Andrea.

Dalam kondisi autoimun 

Andrea memiliki riwayat penyakit autoimun yang membuatnya harus ekstra menjaga imunitas di tengah proses isolasi.

"Aku punya kondisi autoimun yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi imun ku," ucap Andrea. Ia menuturkan, saat ini berada satu ruangan dengan beberapa pasien lainnya, baik yang sudah dinyatakan positif maupun yang masih suspect.

"Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama lima pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda," ujar Andrea. Ia mengatakan, kesehatannya saat ini baik dan tidak menunjukkan gejala apa pun.

Minta orang-orang waspada 

Andrea ingin orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya beberapa waktu belakangan bisa waspada.

"Melalui pesan ini aku pengin orang-orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar," tulis Andrea.

Tindakan pencegahan itu, misalnya, melakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau mengisolasi diri terlebih dulu secara mandiri selama 14 hari.

Pesan khusus Andrea 

Andrea memberi pesan edukasi untuk meminimalisasi potensi penyebaran virus corona. Meski awalnya Andrea Dian mengaku stres, tetapi ia mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat, termasuk sang suami, Ganindra Bimo.

"Aku berusaha menjalani masa isolasi ini dengan positif dan semangat," ucap Andrea.

Andrea, yang kini telah menjalani isolasi sesuai arahan protokol kesehatan, menyampaikan agar masyarakat tetap waspada dan tak meremehkan kondisi saat ini. Mengikuti imbauan pemerintah wajib demi melindungi diri dan keluarga dari hal-hal yang tak diinginkan.

"Untuk teman-teman yang ada di luar, tolong jangan anggap remeh. Pandemi ini nyata, dan virusnya ada sekitar kita. Ikuti imbauan pemerintah dan disiplin: #dirumahaja, jaga jarak, karantina diri sendiri sesuai arahan," kata Andrea.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Corona 3103441919388832263

Recent

item