Ini yang Terjadi Saat Virus Corona Masuk ke Tubuh Manusia

Ini yang Terjadi Saat Virus Corona Masuk ke Tubuh Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Baru dua bulan, virus corona jenis baru atau SARS CoV-2 telah menginfeksi lebih dari 90 ribu orang di berbagai belahan dunia. Termasuk Indonesia, juga lebih dari 80 negara lain. Meski demikian, para ahli kesehatan bisa memahami tingginya penyebaran virus ini.

Sebagaimana virus penyebab influenza, virus corona bergerak melalui saluran pernapasan, dan menyerang paru-paru. Meski Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menuturkan keduanya berbeda.

"Virus ini bukan SARS, ini bukan MERS, dan ini bukan influenza. Ini adalah virus unik dengan karakteristik yang unik," ungkap Tedros dalam pidato 3 Maret 2020, dikutip dari laman resmi WHO.

"Ada beberapa perbedaan penting antara COVID-19 dan influenza. Pertama, COVID-19 tidak bertransmisi seefisien influenza, itu data yang kami peroleh," jelas dia lagi.

Tedros pun meyakini, semakin banyak data yang dikumpulkan, maka akan kian mudah pula pemahaman akan virus serta penyakit yang ditimbulkan.

Sementara Simon Clarke, ahli mikrobiologi seluler dari University of Reading, menjelaskan, virus corona menyerang sistem imun seperti jenis virus lain.

Virus, kata dia, tidak bisa memproduksi sel sendiri seperti bakteri atau sel manusia. Virus akan 'membajak' sel tubuh untuk memperbanyak diri. Akibatnya, sistem imun tubuh bereaksi dengan cara berbeda, dan menimbulkan peradangan untuk memusnahkan infeksi.

"Ini adalah kombinasi menjanjikan dari fungsi sel, merusak sel saat virus membajak, dan respons imun mengakibatkan masalah," jelas Clarke, mengutip dari Metro.

Aktivitas pembajakan ini terjadi di dalam paru-paru. Peradangan pada paru-paru dan kantung-kantung udara kecil membuat orang kesulitan bernapas. Jika terus berlanjut, timbul pneumonia dan kegagalan pada organ tubuh.

Kondisi lebih parah pun terjadi pada mereka yang sudah memiliki riwayat masalah pada paru-paru dan jantung. Sistem imun mereka lemah dan lebih rentan terkena penyakit.

"Kondisi apa pun yang berkaitan dengan paru-paru dan jantung, karena kedua organ ini terkoneksi, membuat Anda berisiko lebih besar," imbuhnya.

Clarke berkata, orang dengan masalah kardiovaskular, asma, dan penyakit paru obstruktif kronis, memiliki risiko lebih tinggi. Pencegahan untuk orang dengan riwayat masalah kesehatan tetap sama seperti yang lain, yakni praktik hidup bersih, sehat, dan mengikuti saran dokter.

"Saya tidak akan menyarankan untuk mengisolasi diri sebagai langkah pencegahan, kecuali ini disarankan oleh dokter," tutur dia.

Related

News 7398574022072100677

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item