Sama-sama Penyakit Pernapasan, Ini Perbedaan TBC dan Corona

Sama-sama Penyakit Pernapasan, Ini Perbedaan TBC dan Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kasus tuberkulosis (TBC) di Indonesia pada tahun 2019 sudah mencapai 800 pasien. Penyakit TBC sudah mengintai sejak lama, dan terus menjadi masalah kesehatan yang menggema, karena berisiko membahayakan saluran pernapasan.

Sama seperti virus corona atau COVID-19, virus yang menjadi penyebab penyakit tersebut juga menginfeksi saluran pernapasan. Keduanya juga memiliki kesamaan penularan, yaitu melalui droplets. Namun, bagaimana proses kuman yang menginfeksi tubuh?

"Tuberkulosis (kumannya) masuk ke tubuh melalui pernapasan. Kalau COVID-19, masuk ke dalam tubuh melalui kontak pada permukaan, terutama mata, hidung dan mulut," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr. Wiendra Waworuntu, MKes, dalam telekonferensi Kementerian Kesehatan RI.

Selain itu, penanganan untuk mengatasi dua penyakit tersebut juga berbeda. Untuk virus corona, sudah dipastikan melalui karantina untuk mencegah penyebarannya di masyarakat. Sementara pencegahan TBC tak memerlukan karantina khusus.

"Kalau COVID-19 dilakukan karantina terhadap pasien, dan isolasi kontak serta penggunaan APD secara luas. Kalau TBC belum ada tindakan karantina terhadap pasien maupun yang kontak, penggunaan APD juga terbatas," paparnya.

Meski begitu, pemeriksaannya bisa dilakukan melalui sampel yang sama. Artinya, pasien tak memerlukan dua kali melakukan pengambilan sampel.

"Untuk tes COVID-19 diambil sputum (dahak). Nanti kalau bisa minta untuk cek TBC, bisa sekalian," jelasnya.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Health 6452060714326796463

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item