Di AS, Sengaja Menularkan Virus Corona Akan Didakwa sebagai Teroris

Di AS, Sengaja Menularkan Virus Corona Akan Didakwa sebagai Teroris, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Virus corona menewaskan lebih dari 24 ribu orang di seluruh dunia, tidak heran jika ditakuti. Bahkan virus corona bisa dianggap senjata jika digunakan untuk menulari orang lain.

Di Amerika Serikat, orang yang sengaja menularkan virus corona bisa dianggap melakukan kejahatan terorisme. Hal ini terungkap dalam memo Kementerian Kehakiman AS yang diungkap CNN pekan ini.

Dalam memo yang dibuat Wakil Jaksa Agung AS, Jeffrey Rosen, virus corona bisa disamakan dengan senjata biologi, jika digunakan seseorang untuk menulari orang lain, entah itu bercanda alias prank atau serius. 

Cara penularannya bisa dengan sengaja batuk ke arah orang lain, atau meninggalkan jejak air liur di sembarang tempat dengan tujuan agar orang lain juga menderita COVID-19.

"Tindakan seperti itu berpotensi masuk dalam undang-undang terorisme di negara ini. Ancaman atau percobaan menggunakan COVID-19 sebagai senjata terhadap warga Amerika tidak akan ditoleransi," kata Rosen.

AS wajar jika ketakutan. Pasalnya, negara itu memiliki 83 ribu orang penderita corona, terbanyak di dunia, melampaui China. Polisi AS juga menegakkan perintah Rosen dengan menangkapi orang-orang yang sengaja menyebarkan virus.

Pekan ini, seorang pria di New Jersey ditangkap polisi karena sengaja batuk ke arah pegawai toko, sembari mengatakan dia punya virus corona. Pelaku kemudian didakwa karena membuat "ancaman terorisme." 

Pada pekan ini juga, pria 26 tahun di Missouri dikenakan dakwaan yang sama karena merekam dirinya menjilati deodoran di Walmart. 

Di Pennsylvania, seorang perempuan ditangkap karena sengaja batuk ke arah makanan di rak-rak supermarket. Akibat tindakannya, seluruh makanan senilai lebih dari Rp 500 juta terpaksa dibuang dan supermarket disterilkan.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 485640636989150611

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item