Ternyata, Susu Tikus adalah Susu Paling Mahal di Dunia!

Ternyata, Susu Tikus adalah Susu Paling Mahal di Dunia! naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Susu apa yang paling mahal di dunia? Jawabannya mungkin mengejutkan—susu tikus. Ya, susu tikus adalah susu paling mahal di dunia, karena harga per 1 liternya mencapai 276 juta rupiah.

Mengapa susu tikus berharga sangat mahal? Karena tidak mudah mendapatkan susu dari tikus. Proses pemerasan susu tikus selama 30 menit hanya dapat menghasilkan 0,25 kubik sentimeter alias seperseribu liter.

Karenanya, dibutuhkan 4 ribu ekor tikus untuk mendapatkan 1 liter susunya. Karenanya pula, harga susu per liternya pun sangat mahal. Di pasaran dunia, per 1 liter susu tikus dijual dengan harga 23 ribu euro.

Apa kegunaan susu tikus? Susu tikus dipakai sebagai sarana riset. Yang paling mutakhir, para ilmuwan melakukan penelitian dengan cara mengubah susunan genetika tikus, sehingga di dalam susunya terbentuk zat yang dapat membasmi penyakit malaria.

Tikus adalah hewan favorit para periset genetika, karena DNA tikus telah banyak diketahui, jauh melebihi DNA hewan lainnya. Karena itu, tikus pun memudahkan para periset dalam menganalisis hasil percobaan.

Selain itu, dalam setiap percobaan, dibutuhkan ribuan hewan. Tentunya jauh lebih praktis memelihara ribuan tikus daripada ribuan hewan lain, semisal sapi.

Related

Science 5547517150964193014

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item