Twitter Siapkan Fitur Stories Mirip Instagram, Namanya 'Fleets'

Twitter Siapkan Fitur Stories Mirip Instagram, Namanya 'Fleets', naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Twitter sedang menguji coba fitur stories mirip Instagram dalam aplikasi mereka. Fitur ini bernama 'Fleets', dan memiliki karakteristik yang mirip stories di Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Menurut laporan TechCrunch, konten-konten Fleets bakal menghilang setelah 24 jam di-upload. Ya, sama dengan Instagram Stories. Fitur ini berbeda dengan tweet pada umumnya, di mana pengguna tidak akan bisa mendapatkan like, retweet, atau pun balasan dari pengguna lain.

Meski demikian, hal ini tidak menjadikan Fleets sebagai fitur non-publik. Kamu bisa melihat postingan stories pengguna Twitter yang tidak digembok melalui halaman profilnya, bahkan jika kamu tidak mengikuti atau follow akun tersebut.

Fitur Fleets Twitter hanya kurang dalam hal aksesibilitas. Postingan Fleets pengguna tidak akan muncul di kolom Search dan Moments, serta tidak dapat disematkan link-nya ke situs web eksternal.

Sama seperti Instagram Stories, kamu dapat menambah stories Fleets di Twitter melalui simbol '+' di bagian pojok kiri atas layar. Stories pengguna Twitter yang kamu follow bakal berada di bagian baris atas layar, yang menampilkan foto profil mereka dengan lingkaran berwarna biru sebagai tanda cerita yang belum kamu lihat.

Kamu juga nantinya bisa membalas stories pengguna lain melalui pesan langsung (direct message). Pesan ini dapat berupa teks atau emoji. Sayangnya, di awal kemunculannya nanti, Fleets tidak menyediakan pilihan 'close friends'.

Tampilan komposisi Fleets lebih sederhana ketimbang yang ditawarkan Instagram. Menurut laporan TechCrunch, hal ini karena Twitter tetap ingin berfokus kepada hakikat layanan mereka yang berupa media sosial berbasis teks.

Meski demikian, pengguna tetap dapat mengunggah GIF, foto, dan video. Di awal peluncurannya nanti, Twitter menyediakan waktu 2 menit 30 detik bagi pengguna untuk mengunggah video dalam satu postingan. Untuk sejumlah akun yang terpilih masuk daftar putih (whitelisted), secara khusus dapat mengunggah video berdurasi 10 menit.

Rencana kehadiran fitur Fleets telah diumumkan oleh Twitter sejak Januari 2020. Fleets saat ini baru masuk ke dalam tahap uji coba bagi pengguna Twitter versi Android dan iOS untuk wilayah Brazil.

Tidak jelas kapan Fleets bakal hadir secara global. Namun, Twitter menyebut bahwa peluncuran resmi fitur ini bakal tergantung dari respons pengguna terhadap uji coba yang mereka lakukan.

Related

News 8352676762032974381

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item