WhatsApp Ternyata Berdampak Buruk Bagi Ponsel Kita, Ini Buktinya!

WhatsApp Ternyata Berdampak Buruk Bagi Ponsel Kita, Ini Buktinya! naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - WhatsApp merupakan aplikasi populer yang pengguna aktifnya sudah tembus 2 miliar. Namun siapa sangka, ternyata WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang buruk bagi smartphone atau ponsel, dari sisi konsumsi daya baterai.

Berdasarkan riset terbaru Uswitch, WhatsApp merupakan salah satu dari 50 aplikasi yang paling banyak menguras baterai ponsel. Dalam daftar ini, WhatsApp berada diperingkat keempat. Tiga di atasnya aplikasi Google, Facebook, dan Facebook Messenger.

WhatsApp menyedot banyak daya baterai, karena membutuhkan banyak izin untuk bisa beroperasi dengan maksimal. Ada 41 izin akses yang dibutuhkan WhatsApp, dan sebagai besar berjalan di belakang layar (background). Contohnya, akses WiFi, foto, identitas, kontak, hingga lokasi.

Uswitch mengatakan, daya tahan baterai yang buruk adalah momok terbesar bagi pengguna smartphone di seluruh dunia. Meskipun ukuran baterai semakin besar, sebagian besar ponsel masih berjuang untuk bisa melewati satu hari tanpa pengisian daya.

"Yang benar-benar menguras baterai adalah aplikasi yang digunakan ponsel Anda. Dan, lebih khusus lagi adalah izin yang diperlukan aplikasi ini untuk memberikan Anda pengalaman terbaik. Ini bisa apa saja, mulai dari mengakses kamera, kalender atau kontak Anda, hingga menggunakan lokasi atau Wi-Fi," ujar Uswitch.

Namun, masalah ini mulai teratasi karena WhatsApp sudah meluncurkan fitur dark mode, pekan lalu. Fitur ini selain lebih ramah bagi mata, juga bisa menghemat baterai karena layar yang gelap mengurangi konsumsi daya baterai.

Related

Technology 977883970816051962

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item