BPJS Kesehatan Luncurkan Fitur Baru yang Memudahkan Pengguna

BPJS Kesehatan Luncurkan Fitur Baru yang Memudahkan Pengguna, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tak menghentikan BPJS Kesehatan dalam berinovasi. Kini fitur CHIKA dan VIKA dihadirkan, untuk memenuhi kebutuhan peserta JKN-KIS.

Kedua fitur itu memiliki keunggulan dapat diakses tanpa memandang waktu dan lokasi. Sehingga, peserta JKN-KIS tidak perlu keluar rumah untuk mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, guna menyelesaikan berbagai keperluan.

"Saat ini marak virus corona yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam di rumah. Dengan adanya inovasi yang kami berikan, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu datang ke kantor untuk mendapatkan pelayanan, karena mereka dapat mengaksesnya lewat layanan CHIKA dan VIKA," kata Kepala BPJS Kesehatan Karawang, Debbie Nianta Musigiasari.

CHIKA adalah pelayanan informasi dan pengaduan melalui chat yang direspons oleh Artificial Intelligence. CHIKA memberi informasi seperti cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang, mengubah data peserta, dan registrasi peserta. Fitur ini dapat diakses lewat Facebook Messenger, Telegram, serta WhatsApp.

Sementara VIKA adalah layanan informasi menggunakan mesin penjawab. Gunanya untuk mengecek status tagihan dan status kepersertaan melalui Care Center 1500 400. Debbie menilai, di era teknologi saat ini, masyarakat mendambakan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan lewat ponsel, tanpa keluar rumah.

"Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Telegram.

“Apalagi di masa sekarang ini, masyarakat diimbau lebih baik di rumah saja untuk menghindari penyebaran Covid-19. Fitur ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menjadi jawaban bagi peserta JKN-KIS, yang sedang membutuhkan informasi kepesertaan JKN-KIS," jelas Debbie.

Grace, seorang peserta JKN-KIS, mengaku telah merasakan langsung manfaat CHIKA dan VIKA. Menurutnya, CHIKA memberi informasi dengan cara yang menarik bagi anak muda.

"Saya mencoba berinteraksi dengan CHIKA, responsnya sangat cepat, penjelasannya pun cukup memberikan saya informasi. Bagi saya, ini sangat menarik karena sangat efektif dari segi biaya dan waktu, sangat mudah diakses kapan pun dan di mana pun. Pastinya saya akan merekomendasikan fitur ini ke keluarga dan teman-teman saya," kata Grace.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 8290829376330357109

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item