Cara Cepat Mengetahui Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara Cepat Mengetahui Kebutuhan Cairan Tubuh,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Salah satu syarat agar tubuh manusia bisa melakukan berbagai kegiatan dengan normal tanpa ada kendala adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara proporsional. Proporsional di sini berarti bahwa cairan tersebut jangan melebihi ambang batas maksimal dan juga jangan kurang dari ambang batas minimal.

Nah, agar kondisi seperti ini bisa anda lakukan, anda membutuhkan sebuah pengetahuan tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh per hari agar tubuh anda bisa melakukan kegiatan apapun secara normal.

Untuk membantu anda dalam mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan cairan tersebut, berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara cepat menghitung kebutuhan cairan. Ada dua cara menghitung kebutuhan cairan tubuh, yaitu dengan mengetahui kebutuhan energi maupun dengan menggunakan berat badan.
  • Untuk energi sebesar 1 kilokalori (kkal), dibutuhkan 1 mililiter (mL) air. Hal ini berarti, jika seseorang memiliki kebutuhan energi 1.800 kkal, berarti kebutuhan akan cairan sebesar 1x1.800 = 1.800 mililiter atau setara dengan 1,8 liter air. 
  • Jika ditinjau dari berat badan, bisa menggunakan rumus sebagai berikut. Untuk 10 kilogram pertama berat badan, butuh 1 liter air. Untuk 10 kilogram kedua, membutuhkan 500 mililiter air. Sisanya, untuk setiap kilogram berat badan membutuhkan 20 mililiter air. 
  • Apabila seseorang memiliki berat badan sebesar 60 kilogram, 10 kilogram pertama ia harus menyediakan 1 liter air, 10 gram kedua, 500 mL air, sementara 40 kilogram lainnya membutuhkan 800 mL air. Jadi kebutuhan air secara keseluruhan untuk orang dengan berat badan 60 kilogram adalah 2,3 liter per hari.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cara cepat menghitung kebutuhan cairan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda berupa air mineral, anda bisa rutin mengkonsumsi air mineral sehat Aqua. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK

Related

Health 7713854477788982021

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item