Studi Terbaru: Diare Bisa Menjadi Salah Satu Gejala Virus Corona

Studi Terbaru: Diare Bisa Menjadi Salah Satu Gejala Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Gejala awal pada covid-19 yang mungkin sudah banyak diketahui di antaranya adalah batuk kering, demam, dan sesak napas. Akan tetapi, baru-baru ini para peneliti juga mengingatkan untuk memerhatikan gejala baru yang mungkin tidak disadari, yaitu diare.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di The American Journal of Gastroenterology mengklaim bahwa masalah pencernaan seperti diare, muntah, dan sakit perut mungkin cukup umum pada mereka yang terinfeksi virus korona.

Peneliti studi tersebut berasal dari Wuhan Medical Treatment Expert Group for Covid-19, yang meneliti 204 kasus awal mengenai covid-19 di Wuhan, Tiongkok, dari tiga rumah sakit berbeda. Usia rata-rata pasien yang diteliti adalah 54 tahun, berjumlah 107 pria dan 97 wanita.

Studi tersebut mencatat bahwa meskipun masalah pernapasan merupakan gejala paling umum, sekitar 48,5 persen pasien yang diteliti juga melaporkan mengalami masalah pencernaan sebagai keluhan utama mereka. Yang umumnya memburuk seiring waktu.

Niket Sonpal, MD, seorang dokter ahli penyakit dan ahli gastroenterology di New York, menjelaskan bahwa studi tersebut mengatakan, diare memang ditemukan dalam beberapa kasus tetapi tidak dalam jumlah yang banyak seperti gejala batuk kering dan demam.

“Dalam level komunitas, temuan ini bisa digunakan untuk mendukung pernyataan melakukan social distancing dan isolasi untuk mengurangi penyebaran lebih lanjut di tengah masyarakat,” ujar Dr Sonpal.

“Masih ada begitu banyak hal yang belum diketahui mengenai virus ini, dan pada saat tenaga medis bergerak secepat mungkin, masyarakat juga sebaiknya tetap berada di rumah untuk mengontrol penyebaran virus ini,” sambungnya.

Dr Sonpal juga menyarankan bahwa jika seseorang mengalami diare pada saat pandemic covid-19, sebaiknya harus lebih berhati-hati dan memberikan perlindungan terhadap orang-orang di sekitar.

“Inilah alasan mengapa jika memungkinkan, sebaiknya orang yang sakit harus menggunakan kamar mandi yang berbeda dari orang lain di rumah mereka," kata Dr Sonpal.

CDC juga menyarankan agar orang yang sakit mendisfeksi kamar mandi setelah menggunakannya, untuk menghindari anggota keluarga lainnya agar tidak terinfeksi melalui cairan tubuh.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Science 3707121771663369255

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item