Pemerintah Indonesia Sekarang Melacak Orang Terinfeksi Corona Melalui Ponsel

Pemerintah Indonesia Sekarang Melacak Orang Terinfeksi Corona Melalui Ponsel, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akhirnya menggunakan data ponsel masyarakat di Indonesia untuk melacak penyebaran dan pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia. Caranya lewat aplikasi PeduliLindungi.

Menkominfo, Johnny G Plate, mengatakan aplikasi PeduliLindungi ini memiliki kemampuan layaknya aplikasi pelacakan serupa milik Singapura, yakni tracetogether. Namun dikembangkan murni oleh anak bangsa.

"Meskipun ada kesamaan fungsi, tapi aplikasi yang dikembangkan oleh Kemenkominfo dan KemenBUMN ini memiliki konfigurasi yang berbeda. Mengingat infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi kita yang berbeda dengan subscriber hampir 300 jutaan MSISDN," ungka Johnny.

Menurut penjelasan yang tercantum di aplikasi, PeduliLundungi bekerja dengan menggunakan data yang diproduksi oleh gadget dengan bluetooth aktif, untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

"Jika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing," dikutip dari aplikasi PeduliLindungi.

Selanjutnya, PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif corona, atau orang dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP).

"Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan, jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP. Ini akan membantu petugas kesehatan melakukan tindakan preventif terhadap orang yang berada di tempat dan waktu yang sama dengan penderita," ujarnya.

Aplikasi ini tidak merekam geolokasi pengguna, hanya mengumpulkan identitas gadget dan waktu saat berada dekat dengan gadget lain yang terinstall aplikasi PeduliLindungi.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 2437911521005887883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item