Ini 6 Situs yang Bisa Dipakai untuk Belajar dan Nambah Wawasan Baru

Ini 6 Situs yang Bisa Dipakai untuk Belajar dan Nambah Wawasan Baru, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Sudah mulai bosan dengan rutinitas yang itu-itu terus selama di rumah saja? Dua minggu sudah gerakan social distancing dengan mengurangi aktivitas di luar rumah dilakukan. Wajar jika kamu sudah merasa bosan.

Mungkin bagi orang yang terbiasa berdiam di rumah, physical distancing—yang sebelumnya diberi nama social distancing—tidak berpengaruh apa-apa. Namun apa jadinya bagi kamu yang lebih suka melakukan kegiatan produktif di luar rumah?

Tak perlu khawatir, uraian ini akan memberikan referensi untuk menemukan hal baru yang tidak hanya menambah wawasan, tapi juga bisa melepas rasa bosan.

Berkat bantuan internet, kamu dapat mengakses situs-situs seru sebagai media untuk belajar skill baru selama di rumah saja. Berikut di antaranya.

Class Central 

Apakah kamu pernah membayangkan dapat belajar di universitas terkemuka di seluruh dunia, seperti MIT, Stanford, atau Harvard? Jika iya, kini kamu dapat mewujudkannya melalui Class Central. 

Class Central adalah situs kursus online yang menyediakan ribuan kursus terbaik untuk mengasah skill kamu. Kursus online ini berfokus pada mata pelajaran yang diajarkan di universitas, seperti Ilmu Komputer, Bisnis, Humaniora, hingga Seni dan Desain. 

Tak perlu khawatir mengenai biaya langganan, sebab Class Central memberikan akses gratis kepada para penggunanya.

IndonesiaX 

IndonesiaX merupakan situs pendidikan online yang menyediakan kursus dari universitas, institusi, dan praktisi di berbagai bidang. Saat mengikuti kursus di IndonesiaX, kamu akan menonton rekaman video kuliah satu arah yang dilengkapi dengan animasi.

Dibawakan dengan bahasa Indonesia, video juga dilengkapi dengan teks terjemahan yang bisa kamu unduh, untuk membantumu belajar lebih dalam.

Ada banyak kursus yang bisa kamu pilih untuk mengasah skill, seperti Economics and Finance, Humanities, Health, Engineering, dan masih banyak lagi. Bahkan platform ini menyediakan sertifikat yang bisa kamu dapatkan ketika lulus tes dan ujian.

Skillshare 

Berbeda dengan Class Central dan IndonesiaX yang lebih berfokus pada kursus mata pelajaran di universitas, Skillshare menawarkan kursus online untuk mengasah kreativitas. 

Skillshare adalah komunitas pembelajaran online, dengan ribuan kelas kreatif dalam bidang desain, fotografi, videografi, menulis, animasi, musik, dan bisnis. Kamu dapat menemukan dan mengasah berbagai skill baru lewat situs ini.

Tak hanya itu, di Skillshare kamu akan bertemu dengan para anggota lain yang memiliki minat sama, sehingga kamu dapat berdiskusi hingga membuat proyek baru bersama mereka.

Mau Belajar Apa

Kalau biasanya kamu mengikuti workshop dengan cara tatap muka, saat di rumah saja kamu bisa mengikuti workshop online di MauBelajarApa.com. 

MauBelajarApa.com merupakan platform workshop online terbesar di Indonesia. Menawarkan lebih dari 1.000 workshop setiap tahun, kamu bisa mengikuti berbagai kelas workshop di bidang investasi, memasak, fashion, kecantikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Selain menyediakan workshop online secara gratis, MauBelajarApa.com juga menawarkan workshop berbayar mulai dari Rp250.000 hingga di atas Rp1.000.000. Harga tersebut worth it untuk mengasah skill baru kamu.

Duolingo 

Di rumah saja adalah saat yang tepat untuk mengasah skill kamu di bidang bahasa. Menyediakan kursus 35 bahasa di dunia secara online, Duolingo dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang tepat.

Kamu dapat belajar mulai dari kelas pemula hingga ahli lewat situs ini. Yang lebih mengasyikkan, Duolingo menyajikan konten yang mudah diingat dan lebih menyenangkan saat mempelajari bahasa.

Saat mengakses Duolingo, kamu dapat memilih tiga cara belajar, seperti praktik langsung, cerita interaktif, atau mendengarkan podcast. Lagi-lagi kamu tak perlu khawatir soal biaya, sebab Duolingo dapat diakses secara gratis sampai kamu mahir berbahasa asing!

Ted Talk 

Saat di rumah saja bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan insight dan melakukan brainstorming untuk mengembangkan proyekmu. Sebab, kamu dapat mengakses TED Talk untuk menonton lebih dari 3.300 acara yang akan membangkitkan rasa ingin tahumu.

TED merupakan organisasi nonprofit yang secara sukses mengumpulkan para tokoh dunia yang inspiratif. Nantinya, mereka akan melakukan presentasi untuk menyampaikan berbagai ide dengan berbagai bidang atau latar belakang. Sehingga kamu dapat menemukan subjek yang menarik untuk kemudian kamu kembangkan lagi.

Hal yang paling penting kamu siapkan untuk mengasah skill baru saat di rumah saja adalah kuota internet. Sebab, keenam situs di atas harus diakses secara online.

Related

Internet 3759695993221234173

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item