Ini 3 Kiat agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah (Work From Home)

Ini 3 Kiat agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah (Work From Home) naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Penyebaran wabah yang makin luas membuat sebagian besar kantor menerapkan kebijakan Kerja Dari Rumah atau Work From Home (WFH). Pertanyaannya, bagaimana agar bisa tetap produktif saat bekerja dari rumah?

Bagaimana agar kita bekerja dari rumah namun tetap menghasilkan kinerja yang optimal?

Siapkan ruangan kerja khusus

Ruangan khusus tidak mesti harus benar-benar khusus dan mahal. Namun setidaknya ada meja kerja yang khusus Anda gunakan buat kerja dan berkomunikasi dengan rekan di kantor.

Ruang kerja bisa mengambil meja makan di rumah Anda, atau menggunakan meja di ruang tamu. Sebaiknya, ruangan kerja ini juga bukan di kamar tidur, sebab atmosfernya nanti ingin tidur melulu kalau kerja dari kamar (kecuali memang Anda kos dan hanya punya satu ruangan kamar).

Mindset kerja ternyata juga dipengaruhi “desain ruangan kerja dan situasi sekitarnya”. Karena itu, kalau di rumah Anda punya ruangan khusus yang bisa digunakan sementara sebagai ruangan kerja, maka akan sangat powerful dampaknya bagi produktivitas kerja (apalagi jika ruang kerja ini agak privat, dan terpisah dengan ruangan lainnya).

Di masa darurat seperti sekarang, mungkin Anda bisa menyulap salah satu ruangan di rumah Anda untuk dijadikan ruangan kerja yang cukup memadai. Sebab bagaimana pun, kondisi ruangan kerja amat menentukan mood dan fokus kita dalam bekerja.

Terapkan jam kerja yang rutin

Meski kerja dari rumah, sebaiknya mindset kita tetap didesain seolah kita memang bekerja seperti biasa. Dan cara terbaik untuk mendisiplinkan mindset adalah dengan menerapkan jam kerja yang teratur tiap hari.

Maksudnya, meski kerja dari rumah, setiap jam 8 pagi sebaiknya kita sudah siap di depan laptop atau berkas kerja yang akan kita selesaikan. Lalu kita bisa break saat makan siang, dan kembali kerja misalnya jam 1 atau jam 1.30 sampai sore.

Poinnya, meski kerja dari rumah, sebaiknya kita tetap disiplin dalam menjalankan jam kerja secara konsisten. Habit seperti ini merupakan hal yang krusial untuk membuat kita tetap produktif.

Jangan karena merasa kerja dari rumah, lalu seenaknya, bahkan sering sambil rebahan di kasur.

Tentukan dan lakukan 3 tugas kunci tiap hari

Meski kerja dari rumah, sebaiknya kita sudah menentukan 2 hingga 3 aktivitas kunci yang akan kita lakukan. Idealnya, kita sudah menentukan aktivitas kunci ini malam sebelumnya, sehingga kita sudah siap dan paham benar apa yang akan kita selesaikan keesokan harinya.

Jumlah tugas atau aktivitas kunci yang mau dilakukan tidak mesti harus 3, bisa 2, 4 atau maksimal 5.

Tentukan 2 hingga 3 aktivitas kunci apa yang paling penting. Lalu lakukan tugas ini tiap hari. Dan ulangi esok harinya. Repeat and improve every single day.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 3868243201941974251

Recent

item