Asal Usul Kelahiran Google Maps dan Sosok yang Menciptakannya

Asal Usul Kelahiran Google Maps dan Sosok yang Menciptakannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - John Hanke, yang pada 2011 menjabat Vice President Geospatial Division di Google, menyebut bahwa Google Maps dibuat untuk “menciptakan satu peta dunia yang sempurna dan dapat dijelajahi.” Akan tetapi, sekalipun Hanke adalah pejabat tinggi di divisi peta Google, ia bukan pencipta layanan itu.

Google Maps diciptakan oleh dua sosok bersaudara, Lars Eilstrup Rasmussen dan Jens Eilstrup Rasmussen. Dalam Web Engineering (2005) yang disusun David Lowe dan Martin Gaedcke, Lars merupakan pemegang gelar Ph.D atau doktor dalam bidang teori ilmu komputer dari University of California Berkeley. Bersama saudaranya, mereka membangun startup peta digital bernama Where 2 Technologies pada 2003.

Marcus Oppitz, dalam Inventing the Cloud Century (2017), mengungkapkan bahwa semula dua bersaudara itu menawarkan ide tentang peta digital “searchable, scrollable, dan zoomable” pada Google. Dan di tahun 2004, Google mengakuisisinya. Google Maps, nama yang kemudian digunakan, dijadikan eksperimen dalam divisi khusus bernama Google Labs.

Guna melengkapi eksperimen tersebut, Google membeli startup lain: Keyhole dan ZipDash.

Pada 8 Februari 2005, Google meluncurkan Google Maps ke publik Amerika Serikat, dan menyusul merilis ke seluruh dunia selepasnya. Artinya, Maps kini telah berumur 15 tahun, dan menjadi salah satu produk unggulan Google yang menghasilkan banyak pundi-pundi uang bagi perusahaan raksasa tersebut.

Related

Technology 3777407839231313768

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item