Aneh tapi Nyata, Batu Ini Akan Bertambah Besar Setiap Ditetesi Air

Aneh tapi Nyata, Batu Ini Akan Bertambah Besar Setiap Ditetesi Air, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebuah desa di Rumania memiliki bebatuan unik yang membuat banyak orang bertanya-tanya. Di Desa Costesti, ada batu yang bisa tumbuh, dan semakin lama semakin membesar. Aneh, tapi nyata!

Desa Costesti berada di Provinsi Valcea, sekitar 8 km dari Horezu. Costesti adalah desa yang tenang, dengan pepohonan hijau nan asri. Satu hal yang membuat desa ini dicari banyak wisatawan adalah karena fenomena batu yang bisa bertumbuh.

Bebatuan yang bernama trovant itu berada di area terbuka, dekat dengan hutan nan hijau. Setiap terkena air, batu ini akan bertumbuh lebih besar. Sungguh fenomena yang aneh sekaligus menarik.

Diduga, bebatuan ini berasal dari hasil letusan gunung berapi sekitar enam juta tahun lalu. Sifat batu ini seperti pasir semen yang bisa bertumbuh. Bentuk batu ini bisa bulat, bisa juga lonjong, bahkan ada juga yang berbentuk angka 8.

Besarnya pun beragam, mulai dari yang hanya beberapa milimeter hingga yang 10 meter. Meski memiliki besar beragam, namun bentuk utamanya mirip, dan tidak ada yang identik. Jika dibelah, batu ini memiliki isi yang berlapis, persis jika batang pohon dipotong.

Penduduk lokal mempercayai bahwa batu ini sungguh hidup. Sehingga mereka memperlakukan batu-batu itu dengan baik. Menurut mereka, bebatuan ini harus diajak bicara dengan nada yang lembut, dan juga harus diperlakukan dengan baik. Menurut legenda, jika tidak diperlakukan dengan baik, Anda bisa sakit kepala.

Ternyata, fenomena bebatuan "hidup" ini tidak hanya bisa ditemui di Rumania. Beberapa negara lain yang punya batu sejenis antara lain Bosnia, Rusia, China, Selandia Baru, Kanada, Meksiko, dan Kosta Rika.

Related

Science 8440062247147509793

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item