Berdasarkan Penelitian, Faktanya Uang Bisa Membeli Kebahagiaan

 Berdasarkan Penelitian, Faktanya Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebagian orang kadang mengatakan, uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Kedengarannya memang bijaksana, dan memang ada banyak hal di sekitar kita yang tidak bisa dibeli dengan uang. Misal keramahan tetangga, senyum orang lain, kedekatan dengan orang-orang yang dicintai, dan lain-lain.

Namun, ternyata, uang memiliki kemampuan untuk membeli kebahagiaan. Penelitian ilmiah telah membuktikan, dan berikut ini uraiannya.

Beli waktu untuk diri sendiri

Penelitian Professor Harvard, Ashley Whillans, menemukan bahwa konsumen yang menghabiskan uang untuk menghemat waktu, akan lebih bahagia daripada mereka yang menghabiskan uang untuk barang-barang duniawi.

Daripada membeli arloji emas atau anting berlian, manfaatkan uangmu untuk kegiatan bersama dengan kerabat.

Manjakan diri

Peneliti kebahagiaan, Elizabeth Dunn, merekomendasikan agar orang dapat membelanjakan uang lebih sering dalam jumlah kecil, daripada membeli barang yang lebih besar.

Frekuensi kesenangan kecil adalah kuncinya, dan bukan durasinya. Sementara itu, penelitian yang dilakukan Dunn juga menemukan bahwa orang-orang lebih senang mendapatkan dua pijatan terpisah selama masing-masing 30 menit, daripada satu pijatan selama 60 menit penuh. Selain itu, menempatkan kesenangan kecil ini memungkinkan peningkatan kebahagiaan secara berkala.

Berikan untuk Amal

Para peneliti dari Harvard mengadakan tes yang menanyakan perihal bagaimana perasaan mereka dengan menghabiskan uang untuk diri sendiri, dibanding dengan memberikannya. Hasilnya, sebagian perserta mengatakan, mereka merasa baik jika membeli sesuatu untuk diri sendiri, tetapi merasakan perasaan yang lebih baik jika mereka memberikan uang itu.

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi berkontribusi pada kesejahteraan orang lain adalah perasaan kuat yang dapat direalisasikan dengan memberi sedekah atau amal.

Bermurah hati dengan uang yang dimiliki juga akan menghasilkan rasa bersyukur atas apa yang telah dimiliki. Memupuk rasa terima kasih adalah cara lain yang terbukti meningkatkan kebahagiaan.

Habiskan uang untuk pengalaman

Menghabiskan uang untuk pengalaman terbukti membuat manusia lebih bahagia. Itu sebabnya orang-orang suka melamun di pantai saat liburan, dan membayangkan betapa bahagianya mereka dapat bersantai di pantai yang indah.

Ketika acara selesai, Anda akan dapat memutar ulang kenangan itu berulang-ulang. Kenangan liburan, konser, dan waktu berkualitas yang dihabiskan bersama orang yang Anda cintai, jauh lebih lama teringat di dalam benak, dibanding membeli pakaian baru.

Related

Science 1185411839405507079

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item