Cara Mudah Bikin Masker Kain dengan Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Cara Mudah Bikin Masker Kain dengan Bahan-bahan yang Ada di Rumah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Para pakar mengimbau menggunakan masker kain saat berada di tempat umum untuk mencegah penyebaran virus corona. Daerah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB bahkan mewajibkan masker untuk setiap orang yang keluar rumah. Tak harus membeli, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah.

Manajer Konten Cotton Ink, Annabella Siahaan, membagikan tips mudah membuat masker kain. Ia mengatakan sebenarnya tidak bisa menjahit masker kain, jadi selama ini memakai masker DIY dengan cara yang simpel namun tetap aman, nyaman, dan stylish.

Berikut langkah pembuatan masker kain yang bisa Anda coba selama di rumah saja.

Siapkan bahan

Menurut Bella, kita bisa menyiapkan bahan-bahan yang ada di rumah. Bahan utamanya hanya tiga, yaitu kain persegi panjang dari bahan katun, kira-kira 50x35 cm, karet rambut, tisu atau kertas kopi sebagai filter.

"Misalnya tidak ada karet rambut juga bisa tali yang suka ada di shopping bag," ujar Bella dalam online class yang diadakan Beauty Journal "Bikin Masker Kain dan Styling Tips".

Lipat kain

Kain bisa menggunakan potongan daster yang sudah tidak terpakai atau koleksi bandana, dibagi tiga lapis. Langkah selanjutnya, kain dilipat, setelah itu siapkan karet dan masukan karet di bagian ujung kiri dan kanan. Sisakan slot kain di bagian tengah agar terasa nyaman.

Pakai slot tengah

Bagian slot tengah yang kosong bisa Anda isi dengan tisu filter. Kemudian bagian ujung kanan dan kiri dilipat lagi ke dalam, dan bisa langsung dipakai.

Agar hijab friendly, Bella mengatakan, Anda bisa menambahkan karet untuk menyatukan antara karet kanan dan kiri yang bisa menyatukan tali, dan diikat ke belakang.

"Simpel banget, tidak perlu dijahit, bisa dipakai kapan saja saat keluar, menyesuaikan dengan bahan kain yang ada. Motifnya juga bisa dipilih yang sesuai dengan selera kita," ucap Bella.

Bella juga membagikan styling yang paling mudah selama pakai masker. Sebagai contoh, yang paling mudah kalau masker kain polos pada dasarnya mau pakai baju apa saja cocok.

"Nah, buat yang motif print, misalnya motif yang lebih bold, stripes, floral, terus bajunya polos, juga menarik. Tapi bukan berati lagi pakai baju print terus maskernya harus polos, tidak juga. Kadang yang penting percaya diri saja. Kalau mau print mix print bisa juga," saran Bella.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 4290346427700236519

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item