BKKBN Minta Warga Tidak Hamil Dulu Selama Pandemi Corona

BKKBN Minta Warga Tidak Hamil Dulu Selama Pandemi Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, mengimbau masyarakat tidak hamil dulu selama wabah Covid-19 atau Virus Corona.

"Kalau bisa, ketika masih masa kritis [hamil] ditunda dulu. Nanti mudah-mudahan dalam tiga bulan sudah mereda, baru [boleh hamil]," ujarnya.

Ia menyatakan, sosialisasi dari imbauan tersebut dilakukan selama kebijakan menetap di rumah dilakukan di berbagai daerah.

Langkah ini didorong karena BKKBN mencatat setidaknya 10 persen pasangan usia produktif tak lagi memakai kontrasepsi pada periode Maret hingga April 2020. Ini ditemukan pada tujuh jenis alat dan obat Keluarga Berencana (KB), yakni alat kontrasepsi dalam rahim, suntik, pil, kondom, susuk, tubektomi dan vasektomi.

"Sementara ini yang putus [kontrasepsi] selama dua bulan ini sekitar 2,5 juta sampai dengan 3 juta akseptor," ungkapnya.

Hasto pun memprediksi peningkatan angka kehamilan jika pasangan produktif putus memakai kontrasepsi sebesar 15 persen.

Artinya, tiap 100 pasangan putus kontrasepsi, sebanyak 15 pasangan akan hamil dengan hitungan hubungan seks 2 sampai 3 kali seminggu.

Sebelumnya, Hasto menyatakan angka pemakaian alat kontrasepsi menurun selama pandemi Corona. Ia menaksir hal ini karena banyak akseptor KB yang khawatir terpapar ketika mengakses layanan kontrasepsi.

Ia menjelaskan, kenaikan angka kehamilan di tengah pandemi dikhawatirkan bisa meningkatkan beban ekonomi negara maupun individu, peningkatan angka stunting atau kekerdilan, angka kematian ibu dan janin.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Pregnancy 1087704777186351418

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item