Cara Mendapatkan Vitamin D untuk Imunitas, Jika Rumah Tak Berventilasi

 Cara Mendapatkan Vitamin D untuk Imunitas, Jika Rumah Tak Berventilasi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Berada di dalam rumah dalam waktu yang lama selama karantina, bisa menyebabkan kekurangan vitamin D, karena tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jadi, jika kamu terus-menerus mengalami masalah persendian atau merasa lelah, bisa jadi karena kamu kekurangan vitamin D.

Tubuh kita memproduksi vitamin D ketika kita mendapatkan sinar matahari. Jadi, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dan D3 untuk menebus kurangnya paparan sinar matahari.

"Vitamin D membantu mengatur fosfat dan kalsium sehingga dapat meningkatkan kesehatan tulang, namun mereka juga membantu kekebalan Anda. Kekurangan vitamin D menjadi masalah umum di antara penduduk kota, membutuhkan lebih banyak perhatian dalam karantina, mengingat paparan sinar matahari tidak didapatkan atau terbatas, karena kita menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan," ujar Hema Bhatia, seorang spesialis ortopedi dari Delhi, dilansir Times of India.

Seorang ahli gizi, Dr Ruprekha Ganguly, mengatakan, rumah atau apartemen kita di daerah perkotaan dibangun sedemikian rupa, sehingga sinar matahari sulit untuk masuk.

"Vitamin D tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi juga untuk kekebalan Anda. Jadi selain makan makanan yang tepat, Anda harus mulai mengonsumsi suplemen vitamin D yang bisa diperoleh di toko-toko medis, terlepas dari apakah Anda memiliki gejala (defisiensi Vit-D) atau tidak saat dikarantina," tutur dia.

Kekurangan vitamin D biasanya ditandai dengan kelesuan atau kelelahan, nyeri sendi dan punggung, perubahan suasana hati, nyeri otot, sakit kepala dan rambut rontok.

Selama karantina, mengonsumsi makanan yang sarat vitamin D juga sangat penting.

"Produk hewani dan susu seperti keju, ikan, kuning telur, yogurt, dan sereal, adalah sumber yang kaya vitamin D," kata Dr Ruprekha.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan sinar matahari?

- Jika tempat tinggalmu tidak memungkinkan, kamu bisa lari atau jogging sekitar jam 7-10 pagi.

- Luangkan 20–30 menit di balkon atau teras rumah di pagi hari. Kamu bisa duduk, membaca atau berolahraga.

- Biarkan jendela terbuka di pagi hari, agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

- Atur workstation kamu di sudut yang mendapat sinar matahari maksimal di paruh pertama hari itu.

Related

Tips 408450420562724524

Recent

item