Begini Cara Virus Corona Masuk dan Merusak Tubuh Manusia (Bagian 2)

Begini Cara Virus Corona Masuk dan Merusak Tubuh Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Begini Cara Virus Corona Masuk dan Merusak Tubuh Manusia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Selain itu, sejumlah pasien COVID-19 juga dilaporkan mengalami badai sitokin pada otak mereka. Para pasien itu mengeluhkan hilangnya indera perasa dan penciuman akibat infeksi virus SARS-CoV-2 pada sistem saraf perasa dan penciuman manusia yang terdapat di otak. 

“Itu adalah respons imun yang luar biasa, yang pada dasarnya akan mematikan tubuh kita,” jelas Cioe-Pena.

Masih belum jelas mengapa seseorang bisa memiliki respons imun yang sedemikian kuat ketimbang orang lain. Namun menurut Dr. Erin Michos, ilmuwan kardiologi dari Johns Hopkins School of Medicine, respons imun semacam itu dapat terjadi karena faktor genetik.

Sampai saat ini pengobatan spesifik untuk pasien COVID-19 masih belum ditemukan, sehingga pasien hanya mendapat perawatan sesuai keluhan dan gejala yang mereka alami. 

Meski virus SARS-CoV-2 dapat menyerang sejumlah organ, infeksi tersebut tidak selalu menimbulkan kerusakan permanen. Menurut Cioe-Pena, sejumlah bukti menunjukkan bahwa sebagian pasien dapat sembuh total. Organ tubuh seperti ginjal dan liver yang terinfeksi virus tersebut juga dapat kembali bekerja dengan normal. 

“Tidak semuanya merupakan kabar buruk. Dalam kasus yang sangat parah, virus itu memang dapat menyebabkan kerusakan permanen. Tapi sebagian besar pasien berhasil pulih seperti sedia kala,” jelasnya. 

Paru-paru pasien yang mengalami multifocal pneumonia, pneumonia yang mempengaruhi lebih dari satu bagian dari paru-paru, juga dapat kembali bekerja normal, selama pasien tersebut bisa bertahan dari infeksi virus. Bahkan pasien yang mengalami infeksi pada jantung mereka juga dapat pulih seperti semula. 

“Pasien yang mempunyai myocarditis atau kerusakan jantung dengan tingkat fatalitas tinggi ternyata berhasil pulih. Itu menandakan mereka bertahan dari infeksi virus ini,” kata Cioe-Pena. 

Menurut Cioe-Pena, fakta organ tubuh pasien COVID-19 dapat sembuh dan kembali normal bukan hal yang mengejutkan. Sebab, sebagai virus baru, SARS-CoV-2 belum dikenali oleh sistem imun tubuh, sehingga dapat menginfeksi sejumlah organ. Namun jika sistem imun seseorang sudah terbangun, masalah pada organ tubuh akibat virus corona menjadi berkurang. 

Namun para pakar kesehatan tetap belum mengetahui seberapa besar respons imun yang dibutuhkan untuk sembuh dari infeksi COVID-19. Namun sekali pasien berhasil sembuh dari COVID-19, meski belum membangun respons imun yang memadai, infeksi virus corona yang kedua kali tidak akan separah infeksi pertama. 

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 3670742886314213910

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item