Ini 5 Tanda Kebebasan Finansial, Hidup Tenang Tanpa Pusing Mikir Uang

 Ini 5 Tanda Kebebasan Finansial, Hidup Tenang Tanpa Pusing Mikir Uang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kebebasan finansial bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang hidup dengan cara pantas, cukup, dan bebas utang. Tapi sayangnya, banyak yang tak paham mengenai hal ini.

Biar tidak bingung, yuk kenali lebih dalam 10 tanda seseorang bisa dikatakan mencapai kebebasan finansial. Pokoknya, kalau belum merasakan 10 hal ini, mesti banyak belajar mengatur keuangan.

Tidak lagi mengandalkan gaji

Kalau masih mengandalkan gaji pokok dan tak punya penghasilan pasif, tandanya kamu belum bebas secara finansial.

Apa itu penghasilan pasif? Yaitu penghasilan yang kamu dapat dari investasi atau yang didapat tanpa harus banting tulang.

Sebut saja, pengeluaranmu per bulan mencapai Rp 10 juta. Pendapatan pasifmu sendiri Rp 10 juta atau bisa lebih. Sementara gaji per bulanmu di kantor sebagai karyawan sebesar Rp 13 juta. Itu baru dikatakan sudah mencapai kebebasan finansial.

Bebas dari utang konsumtif 

Bukannya tidak boleh berutang untuk keperluan konsumtif, utang tetap boleh asal tujuannya jelas dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Jenis utang konsumtif contohnya kredit barang elektronik, kredit mobil, KTA buat liburan, dan lainnya.

Sekali lagi, berutang itu tak salah. Tapi kalau kamu bisa membayar pengeluaran itu dalam bentuk cash, tandanya kamu sudah mencapai kebebasan finansial.

Sekecil apa pun penghasilan per bulan, kamu masih bisa tetap berbagi dengan yang membutuhkan. Soal yang satu ini, coba kamu belajar dari aktor kawakan Keanu Reeves.

Reeves selalu berpikir kalau berbagi akan memberikan kebahagiaan yang tak ternilai buatmu. Ketimbang menghabiskan uang untuk hal yang tak perlu, lebih baik berikan kepada yang kurang mampu.

Mengeluarkan biaya untuk memenuhi tuntutan gaya hidup boleh saja. Tapi hal itu tak akan ada habisnya kalau dituruti. Yang ada, duitmu malah habis.

Punya banyak waktu luang untuk keluarga dan berkarya 

Saat pendapatan pasifmu lebih besar dari pengeluaran, tandanya kamu sudah punya bekal yang cukup untuk pensiun. Dari sekarang, mari dipikirkan baik-baik soal dana pensiunmu di masa tua.

Jika kamu sudah mencapai kebebasan finansial, kamu tidak lagi diperbudak sama pekerjaan. Kamu pun bakal punya banyak waktu luang. Tak ada lagi badmood di hari Senin. Tak perlu lagi pulang larut malam dan membereskan kerjaan yang tak kunjung selesai. Kamu bisa kerja kapan pun dan di mana pun.

Tak lagi pusing soal uang

Salah satu ciri kebebasan finansial adalah bisa mencukupi kebutuhan pokokmu selama 12 bulan ke depan, meskipun kamu tidak kerja.

Tak cuma itu, kamu juga tak pernah dipusingkan lagi sama kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang. Itu semua bisa dicapai, lagi-lagi kalau kamu sudah punya pendapatan pasif yang besar.

Dan hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah hidup tenang dan tidur nyenyak, karena kamu tak lagi stres soal duit. Buat apa pusing-pusing, rezeki masih tetap ada untuk membiayai hidup.

Memiliki investasi

Tanda selanjutnya merdeka finansial adalah memiliki lebih dari 1 investasi. Ada banyak investasi yang bisa kamu coba, seperti emas, properti, hingga saham. Kalau kamu udah memeliki lebih dari satu investasi tersebut, bisa jadi itu tanda kalau kamu sudah merdeka.

Related

Money 7557944689191729783

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item