Instagram Punya Fitur Baru Selama Pandemi Corona, Ini Cara Pakainya

Instagram Punya Fitur Baru Selama Pandemi Corona, Ini Cara Pakainya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Melewati hari-hari dengan berdiam diri di rumah untuk mencegah penularan virus corona bukan hal yang mudah bagi banyak orang. Untuk itu, Instagram meluncurkan fitur baru yang diharapkan dapat membantu penggunanya mengurangi stres, karena terlalu lama di rumah mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

CEO Instagram, Adam Mosseri, menjelaskan, fitur itu bernama Guide. Awalnya, fitur ini ditujukan untuk memberikan panduan kepada pengguna yang hendak bepergian untuk liburan ke luar negeri atau di dalam negeri.

Namun kini Instagram mengubah fitur ini menjadi panduan untuk menjalani hari-hari sulit di masa pandemi ini.

"Mulai hari ini, kamu dapat melihat Panduan (Guide), cara baru untuk menemukan rekomendasi di Instagram. Kami tahu orang-orang kesulitan menghadapi COVID-19. Jadi, Guide akan fokus pada konten kesehatan dari organisasi dan konten kreator terpercaya," tulis Mosseri di postingan Twitter.

"Fakta menarik, Guide awalnya dirancang untuk memberikan panduan perjalanan, tetapi kami memutar ide untuk fokus pada kesehatan karena pandemi," tambahnya.

Berdasarkan laman supportInstagram, perusahaan telah bekerja sama dengan beberapa akun organisasi dan konten kreator. Akun-akun itu di antaranya ialah @afspnational, @heads_together, @vitaalere, @klicksafe, @headspace_aus, @deepikapadukone, @sudahdong, dan @eenfance.

Akun @sudahdong menjadi salah satu akun organisasi dari Indonesia yang telah terafiliasi dengan Instagram untuk fitur Guide.

Saat menggunakan fitur Guide, kamu dapat melihat unggahan berbentuk teks maupun video yang telah dibuat, dan berisi tips dan saran yang tentunya bermanfaat.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut terkait unggahan tertentu, kamu dapat mengetuk gambar atau video untuk melihat unggahan yang asli.

“Kamu juga dapat membagikan postingan Guide di Stories atau Direct Message, dengan mengetuk tombol Share (bagikan) di sudut kanan atas," tulis Instagram.

Lalu, bagaimana cara melihat posting-an Guide? 

Masuk ke tab Explore. Ketik nama akun yang telah terafiliasi dengan fitur Guide. Contoh: @sudahdong.

Pada profil @sudahdong, fitur Guide akan menggantikan posisi fitur IGTV, yaitu di bagian tengah antara timeline pengguna dan tagged photos. Klik ikon Guide.

Di sana, kamu akan menemukan postingan Guide. Di akun @sudadong ada tiga postingan Guide yang telah disajikan, yaitu Safe Internet Use, Anti Bullying 101, dan How to Deal with Bullying.

Pilih salah satu konten, kemudian kamu akan disuguhi informasi seputar tema terkait. Jika ingin membagikan postingan itu, klik ikon Share di pojok kanan atas. Pilih bagikan ke Stories atau ke teman lewat fitur Direct.


Related

News 2936750397018355235

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item