Kacamata Berembun karena Pakai Masker? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Kacamata Berembun karena Pakai Masker? Atasi dengan Cara Mudah Ini, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19, Badan Kesehatan Dunia dan pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker. Tidak hanya mereka yang sakit, namun masker juga wajib dikenakan oleh orang-orang sehat yang akan pergi ke luar rumah.

Sayangnya, menggunakan masker menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat yang menggunakan kacamata. Sebab seringkali, napas yang keluar dari hidung akan naik ke atas masker dan menyebabkan kacamata berembun. Akibatnya, mereka pun jadi kesulitan untuk melihat.

Apakah Anda salah satu orang dengan masalah tersebut? Anda tak perlu khawatir, karena terdapat banyak hal yang bisa mengatasinya. Seperti dilansir dari situs Huffington Post dan Fast Company, berikut adalah tiga cara ampuh agar kacamata tak berembun saat menggunakan masker.

Menyelipkan tisu ke bagian dalam masker

Sebuah panduan dari kepolisian Tokyo mengimbau kita untuk menyelipkan tisu ke bagian dalam masker. Jadi, sediakan tisu yang kemudian dilipat hingga tebal, lalu dimasukkan ke dalam masker.

Hal tersebut terbukti efektif mencegah kacamata berembun, karena tisu membantu menyerap kelembapan dari napas kita, sehingga tidak naik ke hidung bagian atas hingga mata.

Namun perlu dipahami bahwa penggunaan tisu yang tidak pakem seringkali membuat kita harus membetulkan posisi masker. Hal tersebut justru berisiko menyebarkan penyakit, karena tangan dipakai untuk terus mengarahkan masker ke posisi nyaman bisa saja dalam keadaan tidak bersih.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda bisa menempelkan tisu pada masker dengan isolasi saja.

Melipat bagian atas masker

Salah satu penyebab udara keluar dari bagian atas masker adalah karena ukurannya yang tidak pas alias longgar. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa melipat bagian atas masker sampai ia terasa kencang.

Tapi perlu diperhatikan, masker yang dilipat akan mengurangi ukuran dari bentuk normal. Jadi jika masker yang digunakan sudah terlalu lama dan sangat kendor, ada baiknya untuk mengganti masker daripada melipatnya.

Mencuci kacamata dengan sabun

Selain memperhatikan masker, kacamata sendiri pun memiliki peran untuk menyebabkan embun. Sebagai solusi, sebuah penelitian oleh Royal College of Surgeons di Inggris menyarankan Anda untuk mencuci pakai sabun.

Cukup basahi dengan air sabun, dan dikeringkan dengan tisu atau kain lembut, kacamata pun dipastikan tidak akan berembun lagi. Sebab, residu sabun berperan penting dalam mengurangi tegangan permukaan dari setiap pendaratan air pada kacamata.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 7646395793460121154

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item