Keunikan Lontong, Makanan Khas Idul Fitri di Indonesia

Keunikan Lontong, Makanan Khas Idul Fitri di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sekilas, lontong mirip dengan lemang, hanya saja ukurannya lebih kecil sehingga bisa dimakan secara individu. Lontong berbentuk bulat panjang dengan isian nasi yang padat dan dibalut daun pisang. 

Nasi kehijauan ini memiliki tekstur kenyal dan lembut, serta bisa bertahan hingga dua hari dalam lemari pendingin. Di Indonesia, lontong populer sebagai pelengkap sajian kuliner khas seperti sate, lontong balap, lontong sayur, dan ketoprak. 

Cara membuat lontong adalah dengan mencetak daun pisang terlebih dahulu menjadi bentuk silinder. Kemudian, salah satu ujungnya disematkan dengan lidi. Sementara sisi lainnya diisi beras, hingga memenuhi sepertiga bagian daun, lalu ditutup kembali dengan lidi. 

Memasaknya juga terbilang lebih mudah bila dibandingkan ketupat maupun lemang. Lontong yang sudah diisi tinggal direbus dalam air mendidih, yang biasanya sudah diberi sedikit garam. Jika sudah matang, maka lontong hanya perlu dipotong kecil-kecil kemudian disajikan sesuai selera.

Related

Food 8457292305361741802

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item