Kisah Hegestratos, Penipu Pertama yang Tercatat Dalam Sejarah Manusia

Kisah Hegestratos, Penipu Pertama yang Tercatat Dalam Sejarah Manusia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Hegestratos, seorang saudagar Yunani yang hidup pada 300 Sebelum Masehi, mungkin tak pernah menyangka namanya akan abadi sebagai penipu, bahkan ribuan tahun setelah ia meninggal dunia.

Namanya, juga modusnya, disebut-sebut sebagai penipu dan tindak penipuan pertama yang tercatat dalam sejarah umat manusia. Kala itu, Hegestratos, sama seperti banyak saudagar lain, mengasuransikan kapal dan barang muatannya.

Pola kerja asuransi dagang saat itu adalah sebagai berikut: kamu mengasuransikan kapalmu, lalu pihak asuransi akan memberimu uang seharga total barang muatan. Ketika kapal sampai di tujuan dengan aman, baru kamu membayar kembali uang pinjaman beserta bunganya.

Akal bulus Hegestratos bekerja. Di tengah laut, Hegestratos berencana mengambil muatannya yang berupa jagung, lalu menenggelamkan kapalnya. Dalam semesta rancangannya itu, jagungnya tetap bisa ia jual, dan ia dapat uang asuransi kapalnya. Usahanya gagal, ketahuan penjaga keamanan, dan karena panik ia melompat ke laut, lalu mati tenggelam.

Meski begitu, namanya abadi. Sayangnya, sebagai penipu.

Seperti yang banyak dikutip para penulis: L’histoire se repete, sejarah akan selalu berulang. Begitu pula kasus penipuan: ia akan terus berulang mengingat penipu adalah salah satu profesi yang tak pernah punah.

Meski pihak-pihak keamanan dan keuangan menjamin keamanan kita, cara paling baik tentu adalah pencegahan, dan itu bisa dimulai dari diri sendiri. Langkah demikian, setidaknya, bisa dimulai dengan membangun kesadaran bahwa menjadi korban penipuan berarti kecil kemungkinan mendapatkan uang kembali.

Related

History 2256637125935862297

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item